Jangan Takut Menulis! Tulis Saja Apa Yang Ingin Kamu Sampaikan!

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara membuat artikel yang baik dan benar
cara membuat artikel yang baik dan benar

Jangan Takut Menulis! Tulis Saja Apa Yang Ingin Kamu Sampaikan! – Selamat malam sobat Onwap Blog’s, di artikel saya kali ini saya ingin berbagi seputar opini tentang cara membuat artikel untuk blog. Ini lebih kepada pandangan saya terhadap mengisi kontent blog. Bagi pemula dalam dunia blogging mungkin kesulitan untuk mencari ide artikel, iya atau tidak?

Saya sendiri dulu pada awalnya juga kesulitan, selalu hal yang terlintas pertama kali adalah ” Apa yang ingin ditulis ya? “, ” Tidak ada ide nih ” dll. Namun setelah menemukan formula Cara Menemukan Ide Menulis Yang Ampuh Dan Tepat akhirnya kegalauan saya tersebut sedikit demi sedikit mulai dapat saya pupus.

Artikel ini saya tujukan untuk kalian yang benar-benar ingin membuat kontent bagus bukan hanya sekedar mengincar page one saja dan mendatangkan traffic berlimpah lho ya?

Artikel ini lebih kepada opini saya tentang mengembalikan fungsi blogger sebagai pemberi informasi, bukan hanya sekedar mengincar traffic tinggi untuk kepentingan mendapatkan view maupun klik iklan saja. Karena semakin ke sini kreatifitas blogger indonesia mulai berkurang, banyak yang menggunakan cara-cara yang tidak semestinya yaitu dengan cara copy paste mentah-mentah. Daripada copas mentah-mentah, lebih baik belajar bagaimana membuat artikel sendiri? betul?

Walaupun perlu proses, namun jika dibiasakan lama-lama juga terbiasa. Jika ditanya, saya dulu juga bingung mau menulis apa, namun saya memutuskan untuk menulis pengalaman mauapun membagikan apa yang saya tahu tentang trik dan tutorial seputar blog, android dan bisnis online. Karena menurut saya lebih mudah mencari ide artikel dengan membuat apa yang pernah saya lalui daripada hanya sekedar copy paste, selain merugikan blogger lainnya juga tidak baik untuk keperluan mendaftar adsense.

Bagi saya blog adalah lahan untuk menuliskan ide-ide maupun gagasan yang selama ini tidak bisa bagi ke satu per satu orang, selain itu juga sebagai catatan agar tidak lupa dengan ilmu, ide maupun gagasan yang pernah saya miliki. Ketika saya butuh kembali sebuah tutorial atau apapun yang pernah saya tulis, saya tinggal membuka kembali blog kemudian mencarinya, jadi semacam buku catatan namun berbentuk virtual. hehehehe.

Blog Mu adalah Blog Mu! Isi saja dengan apa yang ingin kamu tulis, tidak perlu takut terhadap penilaian orang lain, karena itu adalah blog milik kalian. Kritik itu wajar atas apa yang kalian tulis, jadikan koreksi saja untuk motivasi membuat artikel yang lebih baik dan bermanfaat bagi pembaca setia blog kalian. Contohloh blog besar seperti Mas Sugeng, Maxmanroe, Juragan Cipir dll. Apa yang mereka tulis benar-benar dari ide-ide pribadi, bukan hanya sekedar copy paste. Hasilnya? Bisa kalian lihat sendiri bagaimana tulisan mereka mampu menjangkau para pembaca sehingga banyak yang belajar dari mereka. Temukan passion menulismu, jangan ikuti gaya menulis orang lain, tulis saja apa yang ingin ditulis! Jika terbiasa, lama-lama memasukkan keyword hasil research ke dalam artikel mu jadi lebih mudah. Jadi, berusahalah menemukan passion menulis mu, karena itu berpengaruh dalam SEO Modern, Visitor setia lebih baik daripada traffic yang hanya mampir sebentar. Selain itu kualitas artikel bagus akan mempengaruhi reputasi situs/blog kalian, itu juga akan dapat kalian manfaatkan untuk keperluan seperti menjual barang ataupun jasa. Sudah jelas dengan apa yang saya maksud disini?

Jadi inti dari tulisan ini adalah :

  1. Tentukan minat
  2. Temukan Passion menulis
  3. Belajar dan berproses menulis artikel
  4. Perbaiki tulisan dengan membaca kritik maupun saran dari pembaca
  5. Rutin update
  6. Jangan Takut Menulis

Berpikirlah untuk memperbaiki artikel mu, lambat laun tulisan mu akan membawa visitor, fokus isi kontent blog mu dengan artikel yang banyak namun berkualitas, hasil akan terlihat 3-6 bulan kemudian. Jangan takut berusaha, karena hasil tidak akan pernah membohongi proses!

Demikian sedikit tulisan saya tentang Jangan Takut Menulis! Tulis Saja Apa Yang Ingin Kamu Sampaikan! Semoga kalian dapat menangkap sedikit pemahaman yang saya sampaikan melalui artikel ini.

Semoga bermanfaat. Pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

 

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!