Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Fitur dan Masalah Paypal Yang Sering Ditanyakan

Assalamu’alaikum.wr.wb

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Fungsi dan Masalah Paypal
Pertanyaan dan Jawaban Seputar Fitur dan Masalah Paypal

Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Fitur dan Masalah Paypal Yang Sering Ditanyakan – Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi seputar salah satu alat pembayaran dan menerima uang via Online yaitu Paypal. Saya hanya ingin berbagi beberapa masalah yang pernah saya tanyakan ke pihak Paypal. Tidak ada maksud lain selain untuk menambah wawasan teman-teman semua, semoga dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

Beberapa pertanyaan yang saya kirim melalui email cs paypal, berikut adalah list nya :

  1. Kenapa Akun paypal bisa terkena limit?
  2. Apakah paypal unverified juga bisa terkena limit?
  3. Bagaimana cara mengatasi limit paypal?
  4. Lebih bagus paypal unverified ( penjual mapan ) atau paypal terverifikasi dengan kartu kredit? apa saja kelebihan dan kekurangannya?
  5. Berapa biaya yang dikenakan jika pembeli membayar melalui paypal?
  6. Cara mengatasi Dispute Paypal?
  7. Kenapa di Indonesia tidak bisa verifikasi dengan kartu debet bank lokal?
  8. Kenapa saldo paypal bisa min?
  9. Provider lokal ( Indonesia ) apa yang baik digunakan untuk mengakses dan bertransaksi dengan paypal? Pakai jaringan Wifi apakah aman juga?

Mari kita simpulkan bersama-sama, dan bila nanti dari beberapa penjelasan saya ada yang salah silahkan dibenarkan menurut pengalaman masing-masing ya? Sekali lagi saya hanya berniat berbagi saja tidak ada tujuan lain. Okay? Intinya adalah Sharing For Learning ( Berbagi Untuk Belajar ).

  1. Kenapa Akun paypal bisa terkena limit?
    Jawaban dari pihak paypal : In order to protect the integrity of the PayPal service, we can’t disclose the specific criteria that we sometimes use to limit access to accounts. For more information on reasons why we might limit access to accounts, please refer to the ‘Closing Accounts and Limiting Account Access’ section of our User Agreement. You can find the User Agreement for PayPal Service by clicking ‘Legal’ at the bottom of any PayPal page. If your account is limited, we’ll email you with information on what steps to take to remove the limitation. If you have any further questions about this process, please contact us by clicking ‘Contact’ at the bottom of any PayPal page.
    Kurang lebih penjelasannya adalah sebagai berikut : Demi menjaga integritas paypal, mereka tidak dapat memberikan kriteria spesifik kenapa sebuah akun di limit. Untuk info lebih lengkap silahkan menuju ke laman ” Closing Accounts and Limiting Account Access ” di menu ” User Agreement kemudian klik “ Legal “. Disitu sudah dijelaskan syarat dan ketentuan penggunaan layanan. Jika akun kalian nantinya terkena limit pihak paypal, nanti akan dikirimi langkah-langkah bagaimana memecahkan masalah tersebut. Jika masih belum jelas, bisa ditanyakan melalui menu ” Contact form ” di bagian bawah halaman situs Paypal. Dari jawaban diatas maka dapat disimpulkan bahwa untuk akun yang terkena limit harus kontak CS nya untuk menyelesaikan masalah serta membaca kembali syarat dan ketentuan penggunaan paypal. Sudah jelas?
  2. Apakah paypal unverified juga bisa terkena limit?
    Jawaban dari pihak paypal : Regardless verified account or unverified account are possible to get limited.
    Tentunya baik akun paypal verified maupun non verified dapat terkena limit. Jadi limit tidak hanya di akun verified saja, namun di akun non verified juga dapat terjadi. Biasanya karena menyalahi syarat dan ketentuan yang ada di paypal
  3. Bagaimana cara mengatasi limit paypal?
    Jawaban dari pihak paypal : Please refer to answer number 1.Untuk caranya dapat kalian simak di jawaban pertama diatas ya? okay?
  4. Lebih bagus paypal unverified ( penjual mapan ) atau paypal terverifikasi dengan kartu kredit? apa saja kelebihan dan kekurangannya?
    Jawaban dari pihak paypal : When you verify your PayPal account, you provide additional evidence of your identity to PayPal, which builds stronger security for everyone in the PayPal network. Additionally, when you verify your PayPal account, we lift your sending limit (your sending limit is the maximum amount of money you can send from your PayPal account) and you’ll also be able to pay with PayPal even if you don’t have money in your PayPal balance. However, Since 16 Oct 2014, Specially for Indonesian UNVERIFIED PayPal account, you are still able to receive and send money without LIMIT. Moreover, you will be able make withdrawal to local bank account with limit of USD10,000 per month* ( Term and condition apply). This limit will be Auto reset on monthly basis and you can remove this limit permanently by verified your PayPal account

    Dengan memiliki akun yang terverifikasi kalian tidak akan dibatasi untuk mentransfer uang dari paypal ke rekening bank kalian. Selain itu kalian dapat membayar barang/jasa walaupun saldo paypal kalian tidak ada isinya, nantinya akan diambil langsung dari kartu kredit milik kalian. Untuk paypal unverified khusus pengguna di Indonesia mulai 16 Oktober 2014 paypal unverified dapat menerima dan mengirim uang tanpa limit. Selain itu untuk penarikan ke bank lokal batas per bulannya adalah sebesar $10.000 ( Rp. 130.000.000 ” tergantung kurs dollar ke rupiah ” ). Cukup banyak bukan, untuk pedagang kecil seperti saya jumlah limit penarikan ke bank sebesar itu bagi saya sudah cukup banyak. Silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Pengalaman Tarik Dana Paypal ke Bank Lokal (Paypal Unverified) disitu sudah saya jelaskan bagaimana agar paypal non verified bisa menjadi ” Penjual Yang Mapan ” dan dapat menerima saldo dari akun lainnya tanpa harus menunggu 21 hari.
    Jika ditanya lebih baik mana? relatif. Jika kalian pedagang besar dengan omzet diatas 130jt lebih baik diverifikasi, namun jika baru pedagang kecil memakai paypal unverified ( Penjual Yang Mapan ) sudah lebih dari cukup menurut saya. Namun itu terserah kalian, itu hanya menurut pandangan dan pendapat saya saja. Saya pernah menanyakanp apakah paypal yang diverifikasi dengan VCC dengan paypal unverified, jawabannya adalah ” Paypal Non Verified lebih baik daripada akun paypal yang diverifikasi denga VCC maupun Debit Card Payooner
  5. Berapa biaya yang dikenakan jika pembeli membayar melalui paypal?
    Jawaban dari pihak paypal : We charge fees mainly for the following circumstances:
    • When you receive payments for goods or services.
    • When you withdraw funds from your account to your local bank account.
    • When you convert currencies.
    • When you send personal payments using a credit card. The sender determines who pays the fee.
    • There is no fee when you pay for a purchase.

    For Indonesian PayPal account, our transaction fees is 3.9% + $0.30 USD. If you receive a payment from outside your country or region, you’re charged an additional 0.5% cross border fee. Example: Payment received from U.S amounting $100 USD Fee: ($100x 4.4%) + $0.30 USD = $4.70 USD. For more fee details, please refer the “Exhibit A – Fees” in our User Agreement.
    Jadi pihak paypal hanya membebankan biaya untuk transaksi seperti :
    • Bila kalian menerima pembayaran barang atau jasa
    • Bila kalian melakukan penarikan ke bank bank lokal
    • Jika kalian mengkonversi mata uang
    Ketika kalian mengirim pembayaran pribadi menggunakan kartu kredit. Pengirim menentukan siapa yang membayar biaya
    Selain itu tidak ada biaya ketika kalian membayar untuk pembelian.
    Untuk akun PayPal Indonesia, biaya transaksi kami adalah 3,9% + $ 0,30 USD. Jika kalian menerima pembayaran dari luar negara atau wilayah, Anda dikenakan 0,5% biaya lintas batas tambahan. Contoh: Pembayaran diterima dari luar AS sebesar $ 100 Biaya USD: ($ 100x 4,4%) + $ 0,30 USD = $ 4,70 USD. Untuk lebih jelasnya biaya, silakan merujuk ” Exhibit A – Fees ” di Perjanjian Pengguna ( User Agreement).
  6. Bagaimana Cara mengatasi Dispute Paypal?
    Jawaban dari pihak paypal : Please refer to User Agreement for PayPal Service as resolving dispute, it depend on the cases stage

    Silahkan masuk ke syarat dan perjanjian pengguna paypal untuk info lebih lengkap. Disana sudah dijelaskan langkah-langkah untuk mengatasi Dispute.
  7. Kenapa di Indonesia tidak bisa verifikasi dengan kartu debet bank lokal?
    Jawaban dari pihak paypal : PayPal never stop you to use debit or credit card which has Visa, MasterCard, and American Express to be added into your PayPal account.
    However for Indonesia debit card user, it have been announced by Bank Indonesia that most of the debit card in Indonesia will not able to proceed an international online transaction. Hence kindly contact your bank directly to clarify if your bank allowed you to use your debit card for international transaction.

    Jadi kesimpulannya adalah pihak paypal tidak pernah menolak kartu debit yang berlogo Visa, MasterCard dan American Express yang ditambahkan ke akun paypal. Namun khusus untuk kartu debit yang dikeluarkan bank di indonesia tidak dapat memproses transaksi online internasional. Saran dari pihak paypal adalah kalian silahkan menghubungi pihak bank untuk klarifikasi apakah kartu debit yang kalian pakai dapat digunakan untuk transaksi internasional.
  8. Kenapa saldo paypal bisa min?
    Jawaban dari pihak paypalIt can be do to any loss cases that happen it the account.Itu dapat terjadi jika akun kalian mengalami kasus kerugian. Misal kalian menerima pembayaran dari pembeli namun pembeli melakukan dispute dan kalian kalah sedangkan uang sudah kalian gunakan atau ditarik ke bank. Itu hanya contoh kecil saja ya?
  9. Provider lokal ( Indonesia ) apa yang baik digunakan untuk mengakses dan bertransaksi dengan paypal? Pakai jaringan Wifi apakah aman juga?
    Jawaban dari pihak paypalWhen our system does not allow a certain funding source for a transaction, it is merely an indication that the individual transaction fits a pattern we have observed in the past to have a high risk of failure. This is similar to the way banks and credit card companies identify patterns of behavior that are out of the ordinary when approving individual transactions. Please make a payment from secured network and avoid public log in / shared network/ dynamic IP or Public WIFI or VPN.

    Menurut pengalaman saya sendiri jarang mengalami masalah transaksi ketika memakai provider ” Merah ” dan ” Kuning ” ( saya sensor nama providernya karena artikel ini bukan artikel endorse ), untuk provider lainnya beberapa teman pernah mengeluhkan tidak dapat transfer meski sudah clear cookies. Untuk keamanan pihak paypal menyarankan untuk memakai jaringan aman dan tidak menggunakan jaringan publik seperti :
    – Shared Network
    – Dynamic IP
    – VPN

Semoga apa yang saya tulis disertai sedikit penjelasan diatas dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar masalah yang sering dialami oleh paypal. Untuk info lebih detail jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi CS paypal melalui kolom ” Contact Us “. Atau kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui email dengan mengirimkannya ke alamat ” webform@intl.paypal.com “. Ajukan pertanyaan saja menggunakan bahasa Indonesia, nanti tetap akan ditanggapi, namun dengan email berbahasa Inggris. Standby juga hp kalian yang nomornya sudah di daftarkan ke akun paypal kalian, nanti akan ditelphon CS paypal. Sedikit info tambahan, jika kalian sering menghubungi pihak paypal, apabila beruntung kalian akan mendapatkan $10 cuma-cuma ( Pengalaman ) yang akan ditransfer langsung oleh pihak paypal.

Saran saya jika kalian menghubungi cs paypal gunakan bahasa baku dan sopan, diawali ” Dengan Hormat ” dan di akhir kalian tambahkan ” Terimakasih. Salam Hormat, Nama Kalian “. Tidak usah sungkan-sungkan ya gan? Tidak ada salahnya bertanya jika belum mengerti tentang beberapa fitur paypal, mereka akan senang jika mendapatkan pertanyaan maupun masukan.

Sekali lagi saya tegaskan, saya membuat artikel ini bukan bermaksud untuk menggurui atau sok pintar ya? Namun lebih kepada ingin membantu dan berbagi beberapa masalah atau pertanyaan yang sering ditanyakan seputar paypal. Untuk para master skip saja artikel ini. Untuk yang pernah mengalami masalah yang sama dapat berbagi pengalamannya di kolom komentar untuk berbagi dengan yang lainnya. Karena pathokan yang saya ambil sebagai Blogger adalah ” Sharing For Learning “. Tidak takut berbagi asal itu bermanfaat bagi orang lain, karena fungsi utama seorang Blogger adalah pemberi informasi valid dan bermanfaatJangan Lupakan Itu! “. Semakin banyak ilmu yang kalian bagi maka semakin banyak pula ilmu yang akan kalian dapat!

Jangan lupa baca juga artikel saya lainnya yang membahas seputar paypal dibawah ini :

Saya rasa tulisan saya sudah cukup panjang dan lumayan lengkap, keyboard juga sudah panas karena daritadi bergesekan dengan jemari saya. hehehe. Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Fitur dan Masalah Paypal Yang Sering Ditanyakan.

Semoga Bermanfaat! Salam dari BLOGGER MAGELANG!
Kritik, pertanyaan maupun kritik silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!