Bagaimana Teknik Menulis Judul Artikel Yang Baik Tanpa Mengurangi SEO?

Assalamu’alaikum.wr.wb

teknik menulis judul artikel yang menarik dan seo friendly
teknik menulis judul artikel yang menarik dan seo friendly

Bagaimana Teknik Menulis Judul Artikel Yang Baik Tanpa Mengurangi SEO? – Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel ini saya ingin kembali membagikan tips, trik dan tutorial dasar blog bagi pemula. Bukan soal desain situs, namun lebih kepada hal yang cukup penting dalam penulisan artikel, yaitu judul.

Jangan sepelekan hal ini, karena tanpa kalian sadari dapat mempengaruhi jumlah visitor yang masuk situs kalian maupun tertarik untuk membaca artikel lainnya. Silahkan baca teknik yang saya share sebelumnya tentang Bagaimana Mengirim Traffic Ke Artikel Yang Kurang Populer Di Blog? Jika kalian menggabungkan penulisan judul dan teknik tersebut maka akan jauh lebih menarik kontent di blog kalian dan membuat pengunjung betah di blog kalian nantinya.

Selain itu, teknik menulis judul artikel yang baik ini termasuk strategy bersaing di mesin pencari. Kenapa? Saya berpathokan bahwa penulisan judul yang bagus dan baik meskipun tidak berada di puncak page one, namun tetap bisa mendapatkan pengunjung karena judul yang menarik. Sangat sulit untuk menjadi top one di mesin pencari, kecuali untuk para master SEO. Kalau untuk pemula? Oleh karena itu, pelajari teknik penulisan judul artikel yang tepat agar visitor tertarik untuk masuk ke situs kalian!

Ada beberapa teknik penulisan judul artikel yang biasa saya gunakan, silahkan pelajari dan pahami kemudian kembangkan dengan teknik yang kalian kuasai! Artikel ini hanyalah sebagai referensi untuk kalian yang benar-benar masih pemula dan ingin belajar seputar panduan dasar blog. Berikut adalah penjelasannya :

  • Panjang Judul Artikel Pas
    Hal pertama yang harus kalian pahami adalah penulisan judul artikel yang baik itu tidak terlalu panjang dan tidak terlalu singkat. Rekomendasi saya adalah minimal 6 kata dan maximal 15 kata.
  • Perhatikan Besar Kecil Huruf
    Banyak yang masih salah kaprah dalam penulisan judul, kesalahan elementer yang sering terjadi dari besar kecil huruf dalam judul artikel  adalah sebagai berikut :
    – Memakai huruf kecil semua
    – Memakai huruf besar semua
    – Hanya memakai huruf besar di awal judul
    – Penempatan huruf kapital maupun kecil random
    Yang benar adalah setiap kata dalam judul artikel diawali dengan huruf kapital, contoh :
    – Cara membuat nasi goreng ( salah )
    – CARA MEMBUAT NASI GORENG ( salah )
    – cara membuat nasi goreng ( salah )
    – Cara Membuat Nasi Goreng ( benar )
  • Penempatan Tanda Baca Yang Tepat
    Hal selanjutnya yang harus kalian perhatikan dalam penulisan judul artikel adalah tanda baca. Karena tanda baca dapat merubah makna. Contoh :
    – Cara Membuat Nasi Goreng Yang Enak?
    – Cara Membuat Nasi Goreng Yang Enak!
    Dari contoh diatas, jika kalian ingin menggunakan tanda baca (?) maka sebaiknya tambahkan kata bagaimana, sehingga menjadi :
    – Bagaimana cara membuat nasi goreng yang enak?
  • Kata Dalam Judul Jangan Disingkat
    Hal selanjutnya adalah jangan sekalipun menyingkat kata ketika membuat sebuah judul artikel. Karena itu akan menjadikan kualitas artikel kalian menurun dan terkesan kurang profesional
  • Judul Mengandung Keyword Utama
    Ini merupakan teknik penulisan judul yang masuk dalam optimasi SEO. Karena sangat berpengaruh dalam cara optimasi keyword incaran. Sebagai contoh :
    – Cara Root Android ( Keyword Utama )
    Maka penulisan kombinasi judul artikel yang bisa kalian pakai adalah :
    – Mudahnya Cara Root Android Tanpa PC
    – Bagaimana Cara Root Android Tanpa PC?
    Itu hanyalah contoh dasar, kalian bisa mengkombinasikannya sesuai kreatifitas
  • Judul Yang Menarik
    Hal terakhir yang harus kalian perhatikan dalam membuat judul artikel adalah menarik sehingga orang ingin mengklik dan masuk ke blog kalian. Contohnya :
    – Ternyata Root Android Tanpa PC Sangat Mudah Ya?
    – 5 Menit Langsung Bisa Root Android Tanpa PC!
    – Cara Paling Mudah Root Android Tanpa PC Untuk Pemula!
    Silahkan pelajari dan kembangkan dengan kreatifitas kalian agar lebih menarik lagi, yang penting jangan terlalu berlebihan ya?

Itulah beberapa teknik menulis judul artikel yang baik dan menarik tanpa memgurangi Point SEO dari tulisan yang kalian buat nantinya. Namun perlu diperhatikan bahwa sebisa mungkin judul tetap relevan dengan isi artikel sehingga pengunjung nantinya tidak kecewa dengan isi tulisan yang kalian buat.

Artikel tutorial panduan dasar blog untuk pemula ini saya buat untuk kalian yang benar-benar masih belajar, untuk para master blogger silahkan skip saja ya? Tentunya teknik tersebut tidaklah sama hasilnya nanti, sekali lagi saya tekankan bahwa itu hanyalah sebuah referensi, untuk eksekusi silahkan selalu gunakan kreatifitas kalian untuk hasil yang lebih maksimal.

Artikel terkait panduan dasar blog untuk pemula :

Demikian yang dapat saya tulis tentang Bagaimana Teknik Menulis Judul Artikel Yang Baik Tanpa Mengurangi SEO?

Semoga bermanfaat! Untuk pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan subscribe dan share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!