cara mengatasi error wordpress ” an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server’s configuration “

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara mengatasi error wordpress " an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server's configuration " 1
Source Image : Pixabay.com

Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di artikel ini saya ingin berbagi kembali seputar tips, trik dan tutorial dasar blog untuk pemula yaitu tentang cara mengatasi an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server’s configuration. Saya menulis artikel ini dikarenakan baru saja mengalami hal tersebut, dan berhasil mengatasinya sendiri.

Awal mula terjadi ” an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server’s configuration ” ini tidak diketahui, saya sampai bingung apa penyebab dari error wordpress ini yang menyebabkan seperti dibawah ini :

cara mengatasi error wordpress " an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server's configuration "

Ketika masuk ke plugin, tidak tampil daftar plugin dari server wordpress seperti biasanya. Kemudian saya mencoba untuk install plugin lewat file zip yang sudah saya download, namun tetap tidak bisa. nb : jika kalian masih awam dan bingung cara install plugin wordpress, kalian bisa membacanya di artikel Cara Paling Mudah Install Plugin WordPress.

Kemudian saya coba cek beberapa menu yang terasosiasi dengan plugin alias menu tambahan di dashboard wordpress hasil install plugin seperti jetpack, akismet, cloudflare dll. Hasilnya adalah menu-menu tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bahkan di plugin jetpack dan cloudflare ada tidak bisa menyambungkan dengan server wordpress.

Saya kemudian menyimpulkan ada yang salah dengan 2 plugin tersebut, mungkin terjadi crash karena beberapa waktu lalu saya baru saja menginstall ssl gratis dari cloudflare.com. Akhirnya kedua plugin tersebut saya non aktifkan dan hapus, dan settingan https saya kembalikan menjadi http. Namun apa yang terjadi, wordpress self hosted milik saya tetap error di menu dashboardnya.

Langkah selanjutnya adalah saya mencoba menghubungi pihak hosting, apakah memang terjadi error pada server hosting yang saya gunakan lewat fitur live chat. ( Saya menggunakan hosting dari hostblast, untuk ulasannya kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Review dan Pengalaman Menggunakan Hosting Paling Murah $6/Tahun (Hostblast) ).

Namun pihak technical dari hosting yang saya pakai mengatakan bahwah server hosting tidak masalah, cs tersebut menyarankan saya untuk menginstall ulang blog wordpress saya. Namun saya masih ragu, karena saya belum pernah dan takut hilang semua data + artikel yang ada di blog saya jika melakukan kesalahan.

Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya di grub wordpress di facebook, namun tidak kunjung mendapatkan solusi. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba masuk ke cpanel dan mencari letak masalahnya dimana. Hal pertama yang saya lakukan adalah direktori installan wordpress self hosted milik saya.

Kemudian saya mencari file error.log, dan saya mencoba membuka file tersebut. Dan alangkah terkejutnya saya ketika menemui error hampir semua plugin wordpress saya ” Disabled “. Akhirnya satu per satu file folder saya cek, dan saya menemukannya di folder ” wflogs ” pada file ” .htaccess “. Letak folder tersebut adalah ” public_html/wp-content/wflogs “.

Kemudian hal pertama yang saya lakukan adalah backup terlebih dahulu seluruh directory dan database wordpress saya. Kemudian saya unduh file .htaccess di folder wflogs tersebut. Setelah itu saya hapus file .htaccess pada direktory wflogs tersebut. Kemudian saya coba masuk ke dashboard wordpress saya. Dan alhamdulillah, akhirnya saya berhasil mengatasi error wordpress ” an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server’s configuration “.

Akhirnya menu plugin sudah muncul kembali, dan saya coba install kembali beberapa plugin akhirnya berhasil. Senang rasanya karena hampir 4 jam mencari solusi untuk mengatasi error wordpress ini. he he he….

NB :

  • Dalam kasus saya, saya mengatasinya dengan mencari error melalui file error.log
  • File yang dihapus hanya .htaccess di direktory ” public_html/wp-content/wflogs “
  • Folder Wflogs ini akan muncul jika kalian sudah pernah memasang ssl gratis dari cloudflare
  • Masalah error ini terjadi setelah beberapa waktu memasang ssl dari cloudflare, kemungkinan situs saya diserang atau terkena virus sehingga menyebabkan beberapa plugin disabled otomatis

  • Untuk permasalahan yang hampir sama namun pada menu thema, kalian bisa melihat video diatas untuk lebih mudahnya
  • Namun karena di cpanel saya tidak ada fitur sesuai tutorial diatas, terpaksa saya mencari file nya secara manual
  • Untuk menampilkan folder .htacces, kalian ubah settingan file manager di cpanel untuk ” Tampilkan Folder Tersembunyi “. Tutorialnya ada di artikel Cara Menampilkan File Dan Folder Tersembunyi Di Cpanel Hosting
  • Usahakan backup terlebih dahulu sebelum melakukan turorial ini agar ketika terjadi error bisa di restore

Baca juga artikel terkait wordpress dan cpanel berikut ini :

  1. Cara Menghapus Plugin WordPress Melalui Cpanel Hosting Dengan Mudah
  2. Cara Mengunduh Semua File Media Di WordPress Lewat Cpanel
  3. Cara Mengganti Username Dan Password WordPress Lewat Cpanel Hosting
  4. Cara Upload File Script Ke Cpanel Hosting Dengan Mudah!
  5. Cara Membuat Subdomain Di Cpanel Hosting

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang cara mengatasi error wordpress ” an unexpected error occured. something may be wrong with wordpress or server’s configuration “. Semoga bermanfaat artikel tips, trik dan tutorial mengatasi permasalah di wordpress ini. Untuk pertanyaan, kritik, saran maupun request tutorial kalian bisa menuliskannya di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikumwr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!