Hitung-hitungan Untung Rugi Ikut Bimbel Online di Tahun 2022

Assalamu’alaikum.wr.wb

Source Image : Pixabay

Selamat sore sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi informasi yang mungkin bermanfaat yaitu tentang Hitung-hitungan Untung Rugi Ikut Bimbel Online di Tahun 2022.

Pembelajaran online adalah frasa yang memiliki makna baru selama kurang lebih 2 tahun sejak pandemi Covid-19 dimulai. Dengan pergeseran pembelajaran tradisional ke pembelajaran online, pro dan kontra dari pembelajaran online telah mendapatkan banyak diskusi dan perdebatan.

Ada banyak keuntungan yang bisa dilihat dari aktivitas pembelajaran online. Sejalan dengan keuntungannya, pembelajaran online juga memiliki efek negatif yang tidak kalah banyaknya.

Sebagai ilustrasi pembahasan di artikel, mari fokuskan pada bimbingan belajar (bimbel) online yang marak jadi partner belajar anak selama masa pandemi. Bimbel online adalah contoh platform pembelajaran online yang ideal untuk dipelajari bersama.

Dengan berbagai sumber daya yang dimiliki, bimbel online berhasil menjadi alternatif sekaligus partner belajar yang menyenangkan bagi anak. Walaupun begitu, bimbel online juga memiliki sisi negatif yang tidak kalah menariknya untuk dibahas. Seberapa jauh untung rugi mengikuti bimbel online? Mari membahasnya di sini.

Keuntungan Ikut Bimbel Online

Saat ini, bimbel online menawarkan banyak keuntungan bagi orang-orang yang ada di ekosistem pendidikan. Untuk lebih memahami kekuatan yang terkait dengan pembelajaran bimbel online, mari kita lihat lebih dekat apa saja keuntungannya:

1. Di Mana Saja, Kapan Saja

Pembelajaran bimbel online memungkinkan para siswa untuk berpartisipasi dalam situasi pembelajaran berkualitas tinggi sesuai jadwal yang mereka sendiri-sendiri.

2. Pembelajaran Berdasarkan Kecepatan dan Kemampuan Siswa

Dalam kelas belajar-mengajar konvensional, seorang siswa mendengar seorang pendidik menerangkan pelajaran secara langsung, satu kali, dan tidak dapat diulang. Metode tersebut berbalik dalam kelas belajar online. Para siswa dapat mendengarkan penjelasan pendidik berkali-kali, sehingga memudahkan mereka mendapatkan pemahaman di bagian topik yang sulit.

3. Fokus yang Lebih Besar Pada Pembelajaran

Gangguan sepele yang biasa terjadi dalam kelas konvensional dapat dikurangi secara drastis. Seorang siswa tidak akan peduli lagi dengan gangguan bau parfum teman sebangkunya. Ketika siswa bebas untuk fokus pada kuliah, tugas, dan tugas belajar lainnya, semua orang akan merasa bahwa pengetahuannya meningkat.

4. Akses ke Lebih Banyak Sumber Daya

Pembelajaran online menyediakan akses ke banyak jenis sumber daya yang mungkin diabaikan atau tidak digunakan dalam praktik kelas offline. Salah satu contohnya adalah sumber daya yang dimiliki aplikasi bimbel online Ruang Guru. Dengan berbagai sumber daya yang bisa diakses para siswa dengan mudah, mendalam, dan terstruktur, Ruang Guru memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konten dengan cara yang baru dan bermakna.

5. Pengajaran Kreatif

Keuntungan lain dari pembelajaran bimbel online adalah metode pengajaran yang kreatif. Metode pengajaran kreatif ini jadi pola andalan para pengajar di aplikasi bimbel online Ruang Guru. Untuk bisa merasakan manfaat, praktik, dan contoh metode pengajaran kreatif, Anda bisa mendapatkan aplikasi Ruang Guru dengan download di sini.

Kekurangan Pembelajaran Bimbel Online

Bimbel online membutuhkan kreativitas, pengelompokan ulang, dan perencanaan untuk memaksimalkan setiap prosesnya. Karenanya ada sejumlah celah yang menyebabkan beberapa kelemahan pembelajaran online. Berikut ini sejumlah hal negatif dari pembelajaran online dan bagaimana solusi menghadapinya:

1. Akses yang Sama Terhadap Teknologi

Siswa harus memiliki akses ke koneksi internet dan gawai yang andal ingin berhasil dalam lingkungan belajar online. Soal akses tersebut bisa menjadi masalah yang signifikan di daerah pedesaan dan sosial ekonomi yang lebih rendah. Karenanya, sejumlah platform bimbel masih berusaha mencari cara untuk mengatasi masalah terkait teknologi tersebut.

2. Membutuhkan Disiplin

Kebebasan yang menyertai pembelajaran online dapat menjadi hal yang justru berdampak negatif bagi anak-anak. Para siswa harus siap belajar dan menghadapi tantangan perihal manajemen waktu dan disiplin.

Dengan manajemen waktu dan disiplin, siswa bisa menyediakan waktu untuk menyelesaikan tugas, mencoba try out, mengikuti kelas tambahan, dan lain sebagainya. Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk membuat siswa tetap terlibat secara aktif dalam proses manajemen waktu tersebut.

3. Tidak Mendukung Pertumbuhan Sosial-Emosional

Pembelajaran online tidak memberikan pembelajaran sosial-emosional dengan cara yang sama seperti pembelajaran tatap muka. Menjalin hubungan dengan siswa melalui platform pembelajaran bimbel online membutuhkan pendidik khusus yang berdedikasi untuk mengenal siswanya.

4. Terlalu Banyak Mendapat Paparan Cahaya Biru dari Gawai

Cahaya biru atau blue light dari HP dapat menyebabkan gangguan tidur pada anak. Pembelajaran online membuat mata siswa terlalu banyak menatap layar smartphone. Efeknya, siswa juga terlalu banyak mendapat paparan blue light yang berisiko mengganggu otak dan mata.

5. Mempengaruhi Kehidupan Rumah Tangga

Dalam beberapa kasus, kehidupan rumah tangga bisa sangat dipengaruhi oleh pembelajaran online para anak. Karena itu, dibutuhkan manajemen rumah tangga secara baik agar orang tua tetap bisa menjalankan kehidupan rumah tangga sekaligus menjadi partner belajar anak mengikuti bimbel online.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Hitung-hitungan Untung Rugi Ikut Bimbel Online di Tahun 2022 . Semoga informasi yang saya bagikan tersebut bisa bermanfaat.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!