Cara Memilih Mobil Bekas yang Penting Untuk Diperhatikan

Assalamu’alaikum.wr.wb

Sumber gambar: Northalsted.com

Selamat malam sobat Onwap Blog’s, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi yang mungkin bermanfaat yaitu tentang Cara Memilih Mobil Bekas Yang Penting Untuk Diperhatikan.

Cara memilih mobil bekas yang tepat pada dasarnya gampang-gampang susah. Jika salah pilih, kemungkinan besar Anda dapat mobil berkualitas buruk yang berpotensi mengalami banyak masalah di kemudian hari. Lalu, bagaimana langkah-langkah praktis untuk memilih kendaraan second yang baik dalam kondisi baik?

Panduan Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Berikut merupakan beberapa tips membeli kendaraan bekas dengan kualitas mumpuni yang bisa Anda coba terapkan:

1. Memeriksa Riwayat Service

Sumber gambar: Carservicinghavant.co.uk

Riwayat service banyak menyimpan informasi mengenai frekuensi perawatan kendaraan. Apabila mobil tersebut mempunyai jadwal service rutin, dapat dipastikan kondisinya masih baik dan layak jalan. Pastikan pula apakah riwayat service tersebut berasal dari bengkel resmi atau bukan. 

Ada baiknya untuk memilih mobil yang punya service record pada bengkel resmi. Sebab, selain akan menjamin kondisinya, perawatan pada bengkel resmi dapat memastikan keaslian odometer mobil. Maksudnya, kisaran jumlah kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut secara presisi.

2. Jangan Terpaku Pada Harga Miring

Salah satu alasan seseorang membeli mobil bekas dibanding baru adalah harganya yang relatif lebih murah. Walaupun begitu, jangan langsung tergiur ketika menemukan kendaraan dengan harga miring. Selaras dengan hukum ekonomi, ada harga ada barang. Jadi, kondisi mobil bergantung pada harga yang dipatoknya.

Jika harga yang dijanjikan terlalu murah dari pasaran, bisa jadi mobil tersebut bekas kebanjiran atau kecelakaan berat. Sehingga bisa dipastikan, kondisinya tidak kurang layak untuk penggunaan jangka panjang. 

3. Periksa Interior dan Aksesoris

Sumber gambar: ukcarline.co.uk

Menginspeksi setiap detail pada interior dan aksesoris yang terinstal di dalam mobil menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pertama-tama, perhatikan bagaimana kondisi interior muai dari kulit jok, dashboard, audio, karpet alas kaki, sampai bagian lampu kabin.

Selain itu, pastikan bagaimana kondisi AC dan fitur keselamatan yang meliputi rem tangan, sabuk pengaman, atau lampu hazard. Melalui tahap pemeriksaan ini, Anda dapat mengetahui apakah mobil itu bekas banjir atau tidak. Seperti diketahui, mobil yang pernah tertimpa banjir biasanya memiliki endapan kotoran yang sulit dibersihkan.

4. Periksa Bodi Kendaraan

Tahap pemeriksaan bodi kendaraan meliputi sejumlah titik utama seperti kap mesin, panel pintu, cat mobil, dan kaca mobil. Apabila mobil bekas yang hendak dibeli mempunyai bodi asli, bagian cat dan struktur rangka utamanya tidak akan memiliki perubahan berarti, sementar jika kendaraan tersebut pernah dirombak besar-besaran, maka akan ada perubahan warna hingga rangka yang tidak sama.

5. Periksa Kondisi Mesin

Sumber gambar: rak.co.uk

Sebenarnya, kondisi mesin menjadi hal terpenting yang perlu diinspeksi secara rinci. Cobalah untuk membuka kap mesin dan menyalakan mobil yang hendak dibeli. Kemudian, perhatikan seluruh komponen mobil berikut suara mesinnya. Jika ditemukan satu atau beberapa komponen yang bergetar dengan tidak semestinya, maka akan timbul suara lain saat mobil dinyalakan.

Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh atas kemungkinan kebocoran oli pada blok mesin maupun komponen lainnya. Lalu, lakukan test drive untuk mendapat pengalaman langsung terkait penggunaan kendaraan tersebut.

6. Kelengkapan Dokumen

Mobil bekas yang baik seharusnya memiliki kelengkapan surat untuk membuktikan kualitasnya. Sebut saja nomor mesin, nomor rangka motor, BPKP, hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Selain itu, Anda harus memeriksa apakah pajak kendaraan tersebut dibayarkan atau malah macet.Itulah beberapa panduan cara memilih mobil bekas yang bisa Anda gunakan untuk memilih mobil bekas yang masih berkualitas dan layak jalan. Agar mobil bekas yang dibeli lebih aman, pastikan Anda melengkapinya dengan asuransi mobil. Dengan menggunakan asuransi mobil yang tepat, kendaraan bisa lebih aman dari berbagai resiko tidak terduga di masa mendatang.


Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Cara Memilih Mobil Bekas Yang Penting Untuk Diperhatikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kalian pembaca setia blog ini.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!