Alasan Kenapa Ngeblog Itu Menyenangkan

Assalamu’alaikum.wr.wb

Go Blog
Go Blog

Alasan Kenapa Ngeblog Itu Menyenangkan – Pagi sobat Onwap Blog’s, di pagi ini saya hanya akan sedikit curhat tentang asyiknya nge blog. hehehe. Ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan apa yang saya rasakan selama menekuni dunia Bloging. Tanpa disadari saya sudah menjadi seorang blogger kurang lebih 4 tahun, namun saya mulai serius nge blog awal tahun lalu dengan mulai membangun blog ini di Wodpress (Non Hosted).

Pada awal saya memulai ngeblog, saya menggunakan platform blog builder gratis, saat itu sedang tenar-tenarnya nge blog di mywapblog. Bermodalkan hp N70 plus koneksi internet saya mulai belajar nge blog. Silahkan baca Cara Membuat Blog Gratis bagi kalian yang ingin belajar mencoba dunia blogging. Saya masih ingat waktu itu blog pertama saya hanya saya isi rata-rata curahan hati saya, istilah kerennya jaman sekarang yaitu “Curcol”. Maklum, pada awal nge blog saya sedang patah hati, kemudian mencoba mencurahkan semuanya menjadi sebuah tulisan di blog. hehehehe. Dari situlah saya mulai senang menjadi seorang blogger, alasannya adalah sebagai berikut :

  • Dapat Menyalurkan Hobi Menulis

Saya termasuk salah seorang yang aktif di media social facebook, dulu hampir tiap jam saya update status, status alay dan lebay seperti itulah. Maklum, baru awal-awal kenal internet. hehehe. Kemudian sering menulis di catatan facebook tentang apa yang saya rasakan, akhirnya saya memutuskan untuk mempostingnya di blog saya di mywapblog. Karena saat itu tidak tahu fungsi blog selain untuk menulis, ya buat artikel asal-asal an saja. Kalau ada yang komen rasanya sudah seneng banget. Dulu di mywapblog itu komentar spam sangat minim, para blogger benar-benar fokus untuk membuat artikel yang bagus serta blogwalking berkomentar sangat sopan dan sesuai artikel. Entah kenapa mulai 2014 sampai sekarang di isi komentar-komentar spam tidak bermutu. Karena berbagai kesibukan, akhirnya saya lama tidak mengurus blog saya itu. Kemudian saya mencoba membuat blog di blogspot, setelah 20 an postingan lagi-lagi saya tinggalkan karena keterbatasan memakai hp, posting blog agak terlalu susah. Di awal 2016 mood nge blog mulai ada lagi, saya mulai membuat blog self hosted di wodpress, dan akhirnya jadilah blog Onwap ini. Entah kenapa senang sekali rasanya menulis artikel tutorial, apalagi kalau ada yang share ulang artikel yang kita tulis, senang banget rasanya. Itulah salah satu alasan kenapa saya senang ngeblog.

  • Dapat Menambah Wawasan

Aktifitas bloging tidak lepas dari namanya blogwalking, yaitu ajang silaturahmi antar sesama blogger untuk saling berkunjung. Blogwalking berguna untuk mencari backlink melalui kolom komentar, apa itu backlink? bisa kalian baca di artikel saya sebelumnya tentang Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Google Plus, selain itu bisa untuk menambah wawasan. Misal kita berkunjung ke blog lain, otomatis kita membaca artikel dari blog yang kita kunjungi (Kecuali jika kalian blogger spamer), kalo saya pribadi lebih sering membacanya jika memang benar-benar saya sukai. Seperti jika saya berkunjung ke blog tentang tutorial android, saya membaca bagaimana Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot, saya mencoba membaca dan mempraktekannya, jika berhasil maka saya tulis ulang di blog saya. hehehe. Dapat dobel keuntungan kan? Tambah ilmu juga nambah ide untuk membuat postingan? hehehe…..

  • Dapat Uang Dari Nge Blog

Siapa yang tidak mau uang? Bukan hanya kalian, saya pun juga ingin. Inilah salah satu keuntungan nge blog yang paling menyenangkan. Bagaimana cara dapat uang dari blog? Simple saja, kalian membuat blog, isi artikel dan promosikan blog kalian melalui social media, belajar seo blog kemudian jika sudah memiliki visitor/pengunjung yang banyak (minim 1000) silahkan pasangi iklan. Terlihat mudah, namun pada kenyataannya untuk mendapatkan traffic 1000 per bulan butuh waktu yang tidak sedikit, 4-6 bulan jika kalian aktif dan kontent kalian berkualitas insyaAllah sudah bisa di monetize iklan.

Bagaimana cara monetize blog? Ada 3 cara :

  •  Menjadi Publisher Iklan (Adsense)

Kalian dapat mencoba mendaftar di media periklanan Google, yaitu Google Adsense. Pendaftarannya gratis, namun proses untuk diterima menjadi publishernya sangat ketat. Blog kalian harus memenuhi syarat, untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang Cara Daftar Adsense Menggunakan Blogspot (Hosted). Jika ditolak, kalian bisa juga mencoba alternatif PPC maupun CPM Alternatif Google Adsense lainnya dibawah ini :

  1. Cara Bisnis Online Menjadi Publisher Yllix
  2. Cara Mudah Mendaftar dan Mendapatkan Uang Dari Popcash.net
  3. Cara Mendapatkan Dollar Gratis Dari Bisnis Online PopTm.com
  4. Kumpulan Situs Penyingkat Url Membayar Mahal (Legit)
  5. Cara Mendaftar Safelinkconverter.com Tanpa Harus Memiliki Adsense
  • Menyewakan Spot Iklan untuk Advertiser

Ini bisa dijadi penghasilan tetap bagi kalian per bulan, misal kalian memiliki traffic bagus dan cukup banyak, kalian bisa menawarkan beberapa spot iklan di blog kalian, tentunya harga tergantung kesepakatan dengan si Pengiklan (Advertiser). Misal traffic kalian lebih dari 10.000 per hari, kalian menawarkan 1 spot iklan 500.000, jika ada 3 spot iklan tinggal kalikan saja 500.000 x 3 = 1.500.000. Lumayan Bukan?

  • Review Produk Affiliasi

Untuk blog bertraffic, mau dimonetize apapun bisa. Salah satunya bisnis affiliasi. Bagaimana cara kerja bisnis Affiliasi ini? Kita membuat review produk dari sebuah situs, kemudian di akhir postingan kita menyarankan untuk membelinya di situs affiliasi yang kita ikuti, jika ada yang membeli melalui link affiliasi kita tersebut maka kita akan mendapatkan komisi antara 3% – 10% dari harga produk tersebut. Berikut adalah beberapa Situs Affiliasi Toko Online Lokal yang saya tahu :

  1. ZALORA
  2. MATAHARI MALL
  3. BHINEKA

Walaupun nge blog termasuk bisnis online tanpa modal alias gratis, namun yang perlu di ingat tidak ada cara instan membangun sebuah situs. Perlu kerja keras dan promosi agar blog kita dikenal dan perlu waktu untuk bisa berada di jajaran Page One Google. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba menjadi seorang blogger?

Okay, demikian yang dapat tulis tentang Alasan Kenapa Ngeblog Itu Menyenangkan. Semoga bermanfaat, jika ada kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar, jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!