Kumpulan Aplikasi Yang Sebaiknya Kalian Hapus Karena Membuat Smartphone Lemot

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot
Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot

Kumpulan Aplikasi Yang Sebaiknya Kalian Hapus Karena Membuat Smartphone Lemot – Selamat malam sobat Onwap Blog’s, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi salah satu cara bagaimana mengatasi smartphone android yang lemot. Tentu dari kalian yang masih awam dengan smartphone android yang lemot merasa jengkel ketika kinerja smartphone menjadi lambat kan? Padahal merasa spek HH kita sudah lumayan. Untuk lebih jelasnya bisa kalian bisa simak artikel saya sebelumnya tentang Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot (Khusus Android Jadul dengan Ram Kecil). Di artikel ini saya ingin menjelaskan beberapa aplikasi yang sebaiknya kalian hapus karena memang kurang begitu penting dan menurut pengalaman saya bukannya mempercepat kinerja smartphone namun malah membuat kinerja smartphone semakin lambat. Okay, langsung to the point saya ya?

  • Aplikasi Baterai Saver

Kalian mungkin berfikir jika menggunakan baterai saver ini akan mengatasi masalah smartphone android kalian yang boros daya baterainya. Padahal setahu saya penyebab baterai smartphone boros dayanya adalah sebagai berikut :

  1. Koneksi/Data yang aktif terus menerus (tidak dimatikan)
  2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan (Multy Tasking)
  3. Baterai sudah rusak (Nge – Drop)
  4. Kapasitas Baterai kecil

Sudah jelas kan? Menginstall aplikasi baterai saver bukanlah solusi untuk mengatasi baterai android yang boros dan cepat habis.

  • Aplikasi Cleaner (Pembersih)

Berdasarkan pengalaman saya, aplikasi sejenis ini memang cukup efektif untuk menghapus file sampah di smartphone kita, namun tanpa saya sadari ini berdampak dengan beberapa data yang hilang karena aplikasi ini menghapus file sampah secara random. Ada fitur manual juga, namun tentunya kita ingin lebih cepat membersihkan file sampah, sehingga malas untuk memilah file sampah yang sudah dideteksi oleh aplikasi (Pengalaman Pribadi). hehehe. Selain itu, setelah memakai aplikasi cleaner bukannya makin cepat namun malah semakin berat HH serta baterai yang boros, setelah saya selediki ternya rata-rata aplikasi cleaner berisi banyak iklan yang cukup memakan kuota serta daya baterai. Saya menyarankan untuk tidak menginstall aplikasi sejenis ini, namun itu terserah kalian. Saya hanya share pengalaman saya.

  • Aplikasi Antivirus

Sebenarnya aplikasi ini berguna untuk scan virus di HH kalian, namun itu berguna bagi kalian yang suka oprek atau modding android, karena rata-rata aplikasi android untuk modding tersedia di situs pihak ketiga (bukan dari playstore), sedangkan di playstore sendiri sudah memiliki fitur scan otomatis virus yang ada di aplikasi playstore. Jadi untuk kalian yang memakai aplikasi dari playstore tidak memerlukan aplikasi antivirus.

  • Browser  Bawaan

Browser bawaan ini ternyata cukup menguras data, saya menyarankan untuk aktifitas browsing lewat smartphone android untuk menggunakan aplikasi browser seperti Operamini atau Uc Browser yang sudah saya coba cukup hemat kuota serta lebih cepat dan effisien. Namun untuk menghapus atau mengganti aplikasi bawaan hh kalian, dalam hal ini browser bawaan HH kalian harus di root terlebih dahulu. Alternatif lainnya adalah dengan mengganti aplikasi browser bawaan smartphone dengan cara push aplikasi. Caranya bisa kalian simak di artikel saya sebelumnya tentang Cara Push Aplikasi Ke System Android.

  • Aplikasi Facebook

Mungkin bagi kalian aplikasi ini wajib, mengingat facebook merupakan salah satu media social dengan pengguna paling banyak. Namun pada kenyataanya, aplikasi sangat berat ketika di akses, terutama untuk hp android dengan ram dibawah 512MB. Alternatif yang saya sarankan adalah dengan menginstall aplikasi Facebook Lite yang lebih simple tampilannya, ringan serta hemat kuota. Selain itu kalian juga bisa membuka facebook melalui browser seperti Operamini maupun Uc Browser (Browser Favorit Saya).

Okay, sekali lagi saya jelaskan itu menurut pengalaman saya dan saya mencoba berbagi saja. Saya mencoba membantu mengatasi smartphone android yang lemot dengan ram kecil, itu adalah salah satu solusi yang menurut saya terbaik karena HH saya juga ram nya kecil. hehehehe.

Demikian yang dapat saya tulis tentang Kumpulan Aplikasi Yang Sebaiknya Kalian Hapus Karena Membuat Smartphone Lemot.

Baca juga tips dan trik android lainnya :

Semoga bermanfaat, silahkan tulis di kolom komentar jika ada kritik maupun saran, jika dirasa bermanfaat silakan di share artikel ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.