Cara Mengatasi Virus Iklan Aplikasi Android

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara mengatasi virus iklan di aplikasi android
cara mengatasi virus iklan di aplikasi android

Cara Mengatasi Virus Iklan Aplikasi Android – Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi seputar tips, trik dan tutorial android. Pernahkah kalian mengalami membuka aplikasi yang tidak memiliki iklan namun tiba-tiba muncul ads yang cukup mengganggu? Contoh aplikasi yang tidak memiliki iklan ( Fb lite, messenger, whatsapp, instagram dan aplikasi bawaan hp lain yang bersifat offline use). Bahkan terkadang iklan juga muncul di menu smartphone android.

Penyebab Smartphone Android Kemasukan Virus :

  • HH yang sudah Di Root
  • Menginstall Aplikasi dari Luar Playstore

Tips Menghindari Virus Iklan Aplikasi di Android :

  • Sebelum install app dari Playstore lihat terlebih dahulu testimoni dari yang pernah menggunakan
  • Usahakan selalu unduh aplikasi dari Playstore, jika dari pihak ketiga kalian cari info terlebih dahulu sebelum menginstallnya

Selain mengganggu, ternyata virus iklan ini juga cukup menguras baterai dan kuota karena terus-terusan meload iklan di Hp android sobat semuanya. Menurut pengalaman saya sendiri aplikasi ini masuk melalui iklan pop up salah satu situs di internet yang tidak bisa saya sebutkan supaya saya tidak disangka mencemarkan nama baik. Aplikasi ini bersifat autodownload dan tidak tampil di menu HH sobat semuanya, sehingga bagi kalian yang masih awam dalam penggunaan hp android kebingungan untuk mengatasinya. Saya sendiri menyebut virus iklan ini (Virus Kampret), karena cukup menyebalkan, tidak mengunduh aplikasi apapun tiba-tiba menginstall aplikasi tidak penting dan ketika buka HH dengan koneksi internet menyala muncul iklan yang sangat mengganggu pemandangan, kampret sekali bukan? hehehehehe.

Berikut adalah Virus Iklan Aplikasi yang saya tahu :

  1. My Apps
  2. Monkey Test
  3. Time Test

Namun tenang sobat onwap, kalian beruntung masuk ke blog ini karena di artikel ini kalian akan jadi tahu cara mengatasi virus iklan di android. Berikut adalah tata caranya :

  • Cara Mengatasi Virus Monkey Test, My Apps dan Time Test
    Cara Pertama : Untuk virus satu ini, silahkan sobat masuk ke setting -> apps -> tab terunduh -> cari apakah ada aplikasi terinstall bernama ” Monkey Test “, ” My Apps ” atau ” Time Test “, jika tidak ada maka carilah aplikasi yang mencurigakan, yaitu yang tidak muncul di Menu Utama namun ada di tab terunduh tersebut. Jika ada, silahkan sobat uninstall aplikasi tersebut. Restart HH sobat, silahkan sobat gunakan HH kalian beberapa saat, apakah masih muncul atau tidak, jika masih muncul silahkan coba cara kedua.
    Cara Kedua : Install aplikasi Avast atau CC Cleaner dari Playstore, kemudian coba kalian scan kemudian bersihkan file-file sampah di HH sobat. Restar HH kalian kemudian coba cek dengan mengoperasikan hp seperti biasa dengan koneksi data aktif. Jika masih muncul, langsung ke Langkah ketiga!
    Cara Ketiga : Cara ketiga ini cukup ampuh mengatasi virus iklan aplikasi di android, yaitu dengan Hard Reset ( Mengembalikan Ke Pengaturan Pabrik ). Inilah keputusan final yang harus kalian ambil, namun jangan lupa sebelum melakukkannya backup data dan aplikasi penting dulu, untuk tutorialnya silahkan simak Cara Mudah Backup Dan Restore Data Aplikasi Di Smartphone Android (Titanium Backup). Untuk tutorial Hard reset lenovo a369i silahkan menuju Cara Mudah Hard Reset atau Factory Reset Lenovo a369i. Selain merk lenovo, kalian bisa membaca Kumpulan Cara Masuk Recovery Mode Semua Merk Android. Fungsi dari masuk recovery mode ini adalah untuk keperluan hard reset/factory reset di android. Jika kalian sudah membaca artikel-artikel saya sebelumnya maka kalian akan sedikit paham cara mengembalikan settingan pabrik android karena cukup mudah.

NB : Sebelum melakukan tutorial di blog ini, selalu ingat! D.W.Y.O.R ( Do With Your Own Risk ), yaitu lakukan dengan resiko sendiri, Onwap Blog tidak bertanggungjawab atas resiko kehilangan data, aplikasi maupun kerusakan smartphone seperti Bootloop atau MATOT ( MATI TOTAL ). Saya hanya share berdasarkan pengalaman dan apa yang pernah saya lakukan. Apabila kalian ragu untuk melakukannya, saran saya adalah untuk menyerahkan ke teman yang bisa maupun kepada ahlinya. Namun untuk pembelajaran, pengetahuan dan pembelajaran bisa mencobanya sendiri. Karena untuk tutorial ini sangat minim HH kalian Bootloop atau Matot. Yang sering terjadi adalah kehilangan data dan aplikasi penting karena lupa backup, jadi saran saya selalu backup data maupun aplikasi sebelum melakukan percobaan mengatasi masalah di HH sobat semuanya.

Berikut adalah artikel saya yang membahas seputar mengatasi masalah umum yang sering dialami smartphone android, terutama HH yang memiliki ram dan spek kecil :

Demikian yang dapat saya tulis tentang Cara Mengatasi Virus Iklan Aplikasi Android.

Semoga bermanfaat. Pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!