Cara Menemukan Ide Menulis Yang Ampuh Dan Tepat

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara dan contoh menulis artikel yang baik dan benar
Cara dan contoh menulis artikel yang baik dan benar

Cara Menemukan Ide Menulis Yang Ampuh Dan Tepat – Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di tulisan ini saya ingin berbagi seputar Tips, Trik dan Tutorial Blog untuk kalian semua pembaca setia situs ini. Yang ingin saya share kali adalah seputar cara mencari ide artikel untuk tulisan di blog. Bisa dibilang Artikel adalah Nyawa sebuah blog, karena inti dari aktifitas blogging adalah menulis informasi yang bermanfaat untuk orang banyak.

Tulisan ini saya buat berdasarkan beberapa cara mencari ide artikel yang selama ini saya pakai. Jika ingin dipraktekan silahkan, saya akan sangat senang. Namun apabila tidak saya tidak akan memaksakannya karena saya tahu setiap blogger memiliki cara dan passion sendiri-sendiri dalam menulis sebuah artikel. Iya atau tidak?

Berikut adalah beberapa cara mencari ide artikel untuk postingan blog :

  • Berdasarkan Pengalaman
    Ini adalah cara menulis artikel yang paling sering saya pakai, yaitu berdasarkan pengalaman pribadi. Alasannya simple, karena situs milik saya adalah blog tutorial maka sebelum menulis tata cara melakukan sesuatu, saya mencoba dan mempraktekkannya terlebih dahulu. Jadi setiap tulisan yang saya share valid bukan berdasarkan opini saja.
  • Mencari Bahan Artikel dari Forum Atau Situs Tanya Jawab
    Cara kedua ini saya pakai apabila saya kehabisan ide untuk membuat artikel untuk postingan blog. Saya mencari tread di forum yang berhubungan dengan niche saya atau ke situs tanya jawab untuk mencari pertanyaan yang sekiranya bisa saya berikan solusi atau tutorialnya, setelah itu saya coba kembangkan menjadi artikel yang lebih lengkap dan informatif. Untuk forum dan situs tanya jawab berikut adalah listnya :
    Pertanyaanku
    Yahoo Answer
    Kaskus
    – Jika punya list lainnya bisa kalian tulis di kolom komentar
  • ATM ( Amati Tiru Modifikasi )
    Cara ini jika sudah mentok tidak kunjung mendapatkan ide. Cara ini biasa digunakan oleh para pemain blog yang menuntut setiap hari update, seperti blog berita. Caranya cukup mudah, kalian tinggal mencari beberapa situs yang menyediakan informasi yang sama, kemudian catat point-point pentingnya, kemudian kembangkan kembali menjadi artikel yang lebih lengkap. Tapi Ingat! Jangan Copas mentah-mentah dan cantumkan sumber referensi artikel di bawah artikel.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mencari ide artikel. Kalau saya sendiri lebih sering memakai cara yang pertama dan kedua. Selalu ingat sopan santun blogger, yaitu ” Pantang Copas Mentah-Mentah! “. Selalu sertakan sumber apabila kalian mengambil referensi dari situs atau blog lainnya.

Baca juga artikel terkait tips, trik dan tutorial blog lainnya dibawah ini :

Demikian yang dapat saya tulis tentang Cara Menemukan Ide Menulis Yang Ampuh Dan Tepat.

Semoga bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini, apabila ada pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis kolom komentar.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!