Cara Simple Dan Sederhana Meningkatkan Jumlah Visitor Blog

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Meningkatkan Jumlah Visitor Blog
Cara Meningkatkan Jumlah Visitor Blog

Cara Simple Dan Sederhana Meningkatkan Jumlah Visitor Blog – Selamat siang sobat Onwap Blog’s, kangen rasanya menyapa dan berbagi seputar tips dan trik blog, android serta bisnis online setelah hampir satu minggu tidak menulis artikel di blog ini. Penyebabnya adalah mood menulis saya hilang setelah salah satu Akun Google Adsense saya di banned karena alasan Fraud Click, padahal saya tidak pernah memakai cara curang maupun teknik-teknik blackhat lainnya. Selain itu kesibukan di Dunia Nyata juga cukup menguras tenaga dan fikiran sehingga tidak sempat untuk membuat artikel.

Kok malah jadi curhat ya? hehehehe. Okay, sampai di situ saja curhatnya ya? Nanti kalau panjang-panjang malah bisa jadi sebuah artikel diary, hahahaha.

Di tulisan saya kali ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana cara meningkatkan traffic blog. Tentunya memiliki sebuah blog/website tanpa pernah dikunjungi orang/visitor rasanya nyesek ( Pengalaman ). Karena pada dasarnya untuk dapat membuat blog dan menghasilkan uang dari internet intinya adalah visitor. Logikanya adalah jika blog yang berisi iklan, tanpa ada yang melihat ataupun klik, earning tidak akan bertambah. Iya kan?

Oleh karena itu jika ingin membuat blog yang menghasilkan uang atau dollar, dibutuhkan sedikit usaha dan belajar tentang promosi dan bagaimana Teknik Optimasi SEO ( Search Engine Optimation ) sebuah website/blog. Jika kalian membuat blog di tahun 2010-2012 masuk page one sangatlah mudah, karena persaingan di mesin pencari tidaklah terlalu rumit dan ketat seperti sekarang ini. Alasannya cukup jelas, jumlah blogger dan master SEO makin banyak. Saran dari saya adalah, temukan celah Niche yang belum banyak di explore dan dikuasai para website-website besar.  Selain itu pelajarilah Hal-hal Dasar Yang Harus Dipahami Dan Dimiliki Ketika Memutuskan Menjadi Seorang Blogger!

Putuskan juga jenis blog yang ingin kalian gunakan, Blog Gratis Atau Berbayar? Jika sudah maka silahkan simak artikel saya sebelumnya tentang Teknik Menentukan Niche Blog Yang Tepat Versi Onwap. Silahkan dibaca dan dipelajari, dan simpulkan sesuai minat dan keahlian kalian. Jangan terpaku pada cara orang lain, setiap blogger memiliki minat sendiri-sendiri. Yang penting adalah kalian suka dengan apa yang kalian lakukan, dalam hal ini adalah Nge Blog! Sudah paham sampai disini?

Jika sudah, silahkan lanjut ke step berikutnya, yaitu bagaimana cara mendapatkan banyak visitor blog :

  • Design Blog Simple dan Menarik
    Hal pertama adalah kalian harus bisa membuat sebuah blog, caranya dapat kalian baca di Cara Membuat Blog Gratis, atau jika ingin menggunakan yang berbayar silahkan baca Cara Mudah Install WordPress Self Host di Cpanel Hosting (Softaculous). Jika sudah bisa, design tampilan situs kalian sebagus mungkin, lengkapi dengan widget dan fitur pendukung, berikut adalah widget dan fitur penting blog yang harus kalian pasang :
    1. Berlangganan Email
    2. Widget Artikel Populer
    3. Widget Artikel Terabaru
    4. Tombol Share Social Media
    5. Sitemap
    6. Privacy Policy
    7. Contact Us
    8. Widget Like Fanspage ( Optional )
    9. Silahkan jika ada yang kurang bisa kalian tambahkan di kolom komentar
    Minimalkan widget kurang penting dan cenderung memperberat loading blog. Jangan suka gonta ganti template, karena nanti akan berpengaruh dengan optimasi blog. Selain itu hindari memasang iklan jika blog kalian belum memiliki minimal 1000 Page Views per hari. Saran saya design situs secara sempurna dulu baru kalian isi artikel dan optimasi. Jika sudah maka kita lanjut ke step kedua bagaimana cara mendapatkan dan meningkatkan traffic blog yang efektif!
  • Artikel Unik Dan Bagus
    Ini adalah hal paling penting dan paling dasar yang harus kalian kuasai. Karena untuk mendapatkan traffic yang banyak kalian membutuhkan artikel sebagai pancingan agar orang mau berkunjung ke blog sobat. Bisa dibilang ” Articel Is The King ” atau ” Artikel Adalah Nyawa Sebuah Blog “. Bisa di ibaratkan kalau kalian jual barang, kalian promosikan produk. Jika kalian seorang blogger, kalian menawarkan artikel untuk dibaca. Sudah bisa dipahami sampai disini? Berikut adalah beberapa artikel yang sudah tulis sebagai referensi :
    Cara Menemukan Ide Menulis Yang Ampuh Dan Tepat
    Jangan Takut Menulis! Tulis Saja Apa Yang Ingin Kamu Sampaikan!
    Jika kalian tidak percaya sebuah artikel berkualitas dapat mendatangkan visitor aktif dan berkualitas, kalian dapat melihat contoh di blog berikut ini :
    – Maxmanroe
    – Mas Sugeng
    – Juragan Cipir
    Blog mereka ramai kenapa? Yapz, artikel yang mereka sajikan lumayan lengkap, bagus dan unik. Kalian tidak perlu meniru isinya, namun tiru kreatifitas mereka dengan niche artikel yang kalian MINATI dan KUASAI. Sekali lagi saya sampaikan, pelajari caranya, tiru kreatifitasnya, kemudian aplikasikan ke blog yang kalian miliki. Simak dan Pahami point pertama yang sampaikan ini ya? Karena hal ini sangat dasar dan harus kalian ketahui dan pahami jika masih Pemula di Dunia Blogging.
  • Submit Blog Ke Google Webmaster
    Jika 2 point diatas sudah kalian penuhi, daftarkan situs kalian ke mesin pencari seperti Google Webmaster, Bing Webmaster dll. Jangan lupa submit sitemap juga ya? Berikut adalah artikel tutorialnya :
    Cara Mendaftar dan Verifikasi Blog Ke Google Webmasters Tool
    Cara Mudah Submit Sitemap Di Blogspot Dan WordPress Ke Google Webmaster Tools
    Apabila sudah, maka tunggu sampai Bot Mesin Pencari merayapi situs kalian, sambil menunggu ter index secara sempurna isilah artikel secara rutin. 2-5 Artikel per hari ya?
  • Tanam Backlink
    Jika sudah terisi 20-50 artikel dan berumur minimal 1 bulan, silahkan optimasi dengan memberikan backlink ke situs kalian, berikut adalah cara yang biasa saya gunakan dan dapat kalian gunakan sebagai referensi :
    – Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Google Plus
    Cara Mencari Backlink Blogspot Dengan Mudah!
    Cara Melihat Backlink Kompetitor Dengan Aplikasi Android
    Jangan berlebihan, cukup 5-10 backlink saja per hari. Ingat ya, tanam backlink jika blog sudah berumur 1 Bulan dan sudah memiliki artikel minimal 20. Untuk tutorial cara mencari backlink, saya hanya membagikan yang biasa saya pakai, silahkan kembangkan dengan teknik yang biasa kalian pakai. Jangan terpaku pada cara orang lain, karena Teknik SEO itu tidak pasti. Kalian akan menemukan teknik yang bagus jika kalian explore cara-cara yang sudah banyak di share di internet dan kalian kembangkan nantinya. Karena Optimasi SEO setiap blog berbeda-beda. Sudah paham sampai disini?
  • Share Ke Social Media
    Jangan lupa, setiap habis mempublikasikan artikel, share ke social media yang kalian miliki seperti Gplus, Facebook, Twitter dll. Tujuannya adalah agar orang mengenal situs dan artikel yang kalian tulis. Untuk FB kalian dapat share ke Grub yang se niche dengan blog kalian, tag teman maupun di share ke fanspage yang kalian miliki. Untuk twitter kalian dapat menggunakan hastag yang sedang menjadi Trending Topic. Sudah jelas kan sampai disini?
  • Blogwalking
    Jangan lupa untuk saling berkunjung ke blog lainnya dan berkomentar, manfaatnya adalah :
    – Menambah Teman sesama Blogger
    – Mendapatkan Backlink Komentar
  • Explore Keyword Yang Dikuasai Blog
    Ini merupakan salah satu cara untuk mengangkat artikel baru dari artikel lama yang sudah mampu menembus Halaman Utama ( Page One ) Search Engine, untuk tutorialnya dapat kalian baca di Cara Mengetahui Keyword Yang Dikuasai Blog Yang Kita Miliki. Syaratnya adalah blog kalian sudah berumur minimal 3 Bulan dan memiliki minimal 100 artikel. Selain itu Kenali Jenis Monetize Blog Kamu! Visitor Based Atau Sales Based?

Saya rasa itu saja yang dapat saya bagikan mengenai cara meningkatkan traffic/visitor blog dengan mudah dan efektif. Saya tidak menjamin blog kalian langsung ramai, karena semua tergantung beberapa faktor berikut :

  1. Kualitas Artikel
  2. Niche Blog
  3. Optimasi
  4. Promosi
  5. Jumlah dan Kualitas Backlink
  6. Persaingan Keyword
  7. Usaha
  8. Keberuntungan

Saya tegaskan sekali lagi, sebuah blog tidak akan memiliki traffic yang meningkat dalam jangka waktu satu atau dua malam saja, butuh minimal 3 bulan, namun rata-rata 6 bulan ramai jika di urus dan di optimasi dengan benar. Jangan tergiur dengan cara meningkatkan Traffic Blog Secara Instant dengan menggunakan Teknik-teknik curang seperti memakai Software Jigling, Auto Views, dan Teknik Blackhat lainnya. Memang bisa, namun kualitas visitor sangat buruk, nanti berimbas pada kelangsungan blog kalian. Lebih baik optimasi secara baik dan benar agar blog kalian bertahan lama. Jika hanya traffic anjlok itu tidak masalah, namun jika sampai Sanbox atau Deindex? Kalian juga yang rugi.

Saya selalu menulis ulang point-point penting dalam membangun sebuah blog, bukan karena saya kehabisan materi untuk ditulis, namun lebih kepada memberikan pemahaman tentang dasar-dasar blog yang harus kalian pahami dan cermati untuk dipelajari. Karena semakin kesini, banyak blogger pemula hanya melihat blogger lain yang sudah sukses dan tergiur dengan hasil Instant. Seorang Eka Lesmana ( Salah Satu Blogger Populer dan Sukses Indonesia ) pun dulu juga belajar dari dasar-dasarnya serta mencoba kemudian gagal dan coba lagi sampai bisa seperti sekarang ini.

Semua berangkat dari keprihatinan saya karena semakin banyak orang yang tidak mau belajar, berusaha dan berproses. Hanya ingin enaknya saja dan Instant. Kalau ditanya nge blog bisa menghasilkan uang dollar? Saya bisa sangat bisa! Berapa yang di dapat? Relatif, tergantung jumlah visitor blog kalian. Minimal traffic yang dibutuhkan untuk bisa gajian setiap bulan dari Google Adsense dengan blog Bahasa Indonesia adalah minimal 6000 Unique Visitor Per Hari. Bagaimana cara agar blog mendapatkan banyak visitor? Silahkan Pahami dan Pelajari 7 Point penting yang sudah saya tulis diatas.

Okay, saya rasa sudah cukup lengkap dan jelas tulisan saya mengenai Cara Simple Dan Sederhana Meningkatkan Jumlah Visitor Blog.

Semoga bermanfaat. Kritik, saran maupun pertanyaan dapat kalian tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!