Pahami Jenis Dan Penghitungan Pendapatan Iklan Sebelum Memasangnya Di Blog!

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara monetize blog dengan iklan paling efektif
cara monetize blog dengan iklan paling efektif

Pahami Jenis Dan Penghitungan Pendapatan Iklan Sebelum Memasangnya Di Blog! – Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di artikel ini saya ingin berbagi seputar tips, trik serta tutorial blog, yaitu seputar monetize blog lewat iklan. Tentunya ada berbagai macam jenis iklan, oleh karena itu akan saya jelaskan berdasarkan apa yang saya ketahui.

Dari sekian banyak blogger, banyak yang salah kaprah dalam memasang sebuah iklan di situsnya sehingga sering berdampak pada penurunan jumlah visitor. Sangat rugi rasanya jika hanya karena iklan sampai kehilangan visitor, iya kan?

Pada dasarnya, sebelum mulai memasang iklan, alangkah baiknya mengenali terlebih dahulu jenis dan karakter visitor yang masuk ke situs kalian, silahkan menuju ke artikel saya sebelumnya tentang Kenali Jenis Monetize Blog Kamu! Visitor Based Atau Sales Based? Selain itu jika ingin mendapatkan hasil yang lumayan dari iklan, fokuslah untuk meningkatkan traffic situs kalian. Kalian bisa membaca referensinya di tulisan saya tentang Cara Simple Dan Sederhana Meningkatkan Jumlah Visitor Blog!

Setelah mengetahui jenis visitor blog kalian, berikut adalah penjelasannya tentang macam-macam jenis iklan di blog berdasarkan tampilannya :

  • Iklan Banner
    Iklan jenis ini adalah berbentuk gambar yang bisa di klik. Contohnya adalah bisa kalian lihat di sidebar kanan, bawah dan tengah artikel. Iklan ini juga mempunyai berbagai ukuran. Untuk pemasangan iklan banner, rekomendasi saya adalah 320 x 250 di sidebar dan bawah artikel, 720 x 90 di footer dan 250 x 250 atau 320 x 250 di bawah artikel. Iklan jenis ini sangat cocok untuk dipasang di semua jenis blog.
  • Iklan Text
    Sesuai namanya, iklan ini tanpa gambar dan hanya berupa text. Biasanya iklan jenis ini diletakkan di tengah ataupun disipkan ke dalam sebuah artikel. Untuk pemasangannya juga bisa dipasang di hampir semua jenis blog
  • Iklan Popunder
    Iklan satu ini tampilannya berupa tampilan tab baru atau window baru di browser. Penghitungan pendapatannya adalah CPM ( COST PER MILLION ) yang berarti dibayar setiap 1000x tayang. Iklan ini tidak saya rekomendasikan untuk blog artikel, namun untuk blog download atau diletakkan di halaman safelink. Berikut adalah beberapa iklan popunder yang bisa kalian coba :
    Poptm.com
    Popcash.net
    PropellerAds
    Yllix.com
    Wap4dollar
  • Interstitial
    Jenis iklan satu ini adalah sebuah tampilan iklan yang menutupi layar dan tersedia tombol close atau yang biasa disebut dengan iklan melayang. Untuk pemasangan, saya merekomendasikan memasang di blog bertema download atau di halaman safelink
  • Native Ads
    Yaitu sebuah tampilan iklan yang menyerupai popular post ataupun artikel terkait. Pemasangan iklan jenis biasanya di tengah maupun akhir artikel. Iklan jenis ini penghitungannya ada yang CPC dan juga ada yang CPM.
  • Iklan Affiliasi
    Saya biasa menyebutnya iklan tidak kasat mata, kenapa? Yapz, iklan affiliasi cenderung jarang diketahui oleh visitor karena sering disisipkan dalam sebuah artikel review. Jenis iklan ini biasanya adalah berbentuk ajakan atau tindakan seperti menginstall aplikasi, mendaftar sebuah situs maupun melakukan tindakan lainnya. Iklan jenis affiliasi sangat cocok untuk kalian yang bertema tutorial ataupun review.

Jika sudah memahami beberapa jenis iklan dari tampilan, berikut adalah beberapa jenis iklan berdasarkan penghitungan pendapatan :

  • Iklan CPC ( Cost Per Click )
    Iklan jenis ini biasanya ditampilkan dalam sebuah banner atau text. Sesuai namanya, kalian akan dibayar setiap klik yang terjadi dari unique visitor. Keunggulan dari iklan jenis ini adalah bayaran yang lebih mahal dari iklan pop up, namun kelemahannya adalah jika kurang menarik tampilan iklannya maka jarang sekali yang mau meng klik iklannya dan hampir semua media periklanan memiliki iklan dengan penghitungan CPC. Selain itu, iklan jenis ini aturannya sangat keyat, jika tidak hati-hati dan mendapatkan boom klik, biasanya akan langsung ditangguhkan akun publishernya.
  • Iklan CPM
    Iklan cpm adalah iklan yang dihitung berdasarkan jumlah views, iklan jenis ini biasanya berbentuk interstitial dan pop up. Sesuai namanya, penghitungan pendapatan dihitung dari banyaknya impresi yang terjadi. Karena bentuk iklannya yang bisa dibilang cukup mengganggu, iklan ini tidak cocok untuk dipasang di blog dengan traffic kecil serta hanya saya rekomendasikan untuk dipasang di situs download maupun safelink. Untuk tutorial membuat halaman safelink, dapat melihatnya di artikel Cara Membuat Safelink Sendiri Di Wapka.Mobi
  • Iklan CPA
    Penghitungan iklan jenis ini adalah dibayar setiap terjadi konversi atau action. Jadi sebanyak apapun klik dan views, jika pengunjung tidak menyelesaikan offer atau melakukan konversi maka tidak akan dihitung pendapatannya. Iklan jenis ini biasanya adalah berbentuk affiliasi dan ditampilkan dalam berbagai format iklan seperti banner, text maupun interstitial. Selain itu, jenis iklan ini juga mencakup CPI, yaitu cost per install. Yaitu dibayar setiap terjadi install dari link yang ada di blog kalian. Sedikit tips dari saya, jika kalian memilih iklan cpa, sesuaikan dengan niche blog kalian, bisa disisipkan dengan membuat artikel review, banner yang menarik ataupun iklan text dengan kata-kata yang menarik
  • Iklan Mandiri
    Iklan ini penghitungannya tergantung kesepakatan dengan orang yang ingin memasang di blog kalian. Semakin tinggi traffic dari situs yang kalian miliki, maka kalian bisa memathok harga yang lebih tinggi. Iklan jenis ini biasanya dibayar di muka oleh pengiklan dengan durasi tertentu, misal seminggu, sebulan ataupun setahun. Untuk tampilan iklannya biasanya berbentuk banner yang mencolok dan eye chatching.
  • Iklan Review
    Jenis iklan ini biasanya untuk blog yang memiliki kredibilitas bagus dan traffic yang lumayan dan jangka waktu selamanya, maksudnya adalah selama blog tidak terhapus maka iklan akan terus tampil dalam sebuah artikel review. Penghitungannya adalah tergantung si pemilik situs, pertimbangannya adalah kualitas kontent serta kualitas dan kuantitas visitor blog dan dibayar dimuka satu kali saja.

Itulah sedikit penjelasan saya tentang berbagai jenis iklan baik secara tampilan maupun secara penghitungan pendapatan. Sudah sedikit paham kan? Jika masih ada pertanyaan ataupun koreksi dari penjelasan saya diatas bisa kalian tulis di kolom komentar ya? Saya akan dengan senang hati menanggapinya.

Berikut sedikit tips dan trik monetize blog dari saya agar mendapatkan hasil yang efektif :

  1. Kenali jenis traffic blog kalian
  2. Sesuaikan jenis iklan yang dipasang dengan jenis blog kalian
  3. Letakkan iklan di tempat yang strategis
  4. Gunakan gambar maupun kata-kata yang menarik
  5. Letakkan iklan di tempat yang tepat
  6. Sesuaikan warna iklan dengan css blog kalian

Apabila sudah menghasilkan uang dari iklan dengan menjadi publisher, berikut adalah Kumpulan Situs Rekening Dompet Online Untuk Keperluan Pembayaran Dan Penarikan Uang Dari Internet.

Saya rasa sudah cukup panjang artikel yang saya tulis tentang Pahami Jenis Dan Penghitungan Pendapatan Iklan Sebelum Memasangnya Di Blog!

Artikel terkait untuk optimasi blog :

Semoga bermanfaat! Untuk kritik, saran maupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat alangkah baiknya subscribe dan share artikel blog ini

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.