Pentingkah Riset Keyword Untuk Optimasi SEO Artikel Di Mesin Pencari Bagi Blogger Pemula?

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara mudah riset keyword untuk blogger pemula tanpa bantuan tool premium
cara mudah riset keyword untuk blogger pemula tanpa bantuan tool premium

Pentingkah Riset Keyword Untuk Optimasi SEO Artikel Di Mesin Pencari? – Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi lagi seputar tips, trik dan tutorial dasar dalam membangun sebuah blog. Di tulisan ini saya ingin menjelaskan seputar penting atau tidak riset keyword blog untuk pemula?

Jawaban saya adalah itu penting, namun bukan sebuah keharusan. Jujur saja, saya jarang sekali yang namanya melakukan riset keyword. Itu bukan tanpa alasan, karena dari pengalaman sebelumnya, ketika saya mencoba riset keyword yang terjadi malah terlalu lama berkutat dengan tool riset keyword namun pada akhirnya malah tidak kunjung menulis artikel. Ya tentunya gaya nge blog setiap orang berbeda-beda, saya hanya akan share cara yang sering saya gunakan soalnya males ribet dan nge blog menjadi tidak menyenangkan lagi. hehehehe…

Banyak blogger pemula yang kendor mentalnya karena terlalu pusing dengan riset keyword dan melupakan pentingnya menulis sebuah artikel. Saya sendiri berpathokan bahwa riset keyword hanya untuk mereka yang sudah benar-benar paham dengan SEO ( Search Engine Optimation ). Jika masih belajar, saran saya adalah belajar dasar utama blog yaitu mencoba menulis artikel yang bagus untuk pembaca.

Ketika nanti sudah lancar dalam menulis artikel, barulah belajar bagaiman cara riset keyword yang baik dan benar. Pengalaman menulis yang nanti akan berbicara bahwa kalian akan mampu membuat artikel bagus dan seo friendly. Berikut adalah beberapa artikel terkait dengan teknik riset keyword :

Ya itu hanya sedikit referensi saja menurut pengalaman saya, nyatanya tanpa riset keyword beberapa artikel yang saya buat mampu menembus page one. Saya lebih sering menggunakan logika untuk menyusun sebuah keyword, berikut adalah contohnya :

Misal saya memiliki ide menulis artikel tentang nasi goreng, maka saya akan memikirkan apa kalimat pertanyaan yang kira-kira orang akan mengetik apa di mesin pencari. Saya kemudian menyimpulkan dan menyusun keyword sebagai berikut :

  • Nasi Goreng ( short keyword )
  • Long Tail Keyword turunannya adalah :
    – Cara membuat nasi goreng
    – Cara membuat nasi goreng yang enak
    – Alat dan bahan membuat nasi goreng

Jika sudah mentok hanya mendapatkan sedikit keyword turunan, maka saya kemudian bantuan ” Google Related Search “. Caranya adalah dengan mengunjungi google.co.id, kemudian saya mengetikkan ” nasi goreng “. Setelah itu, saya scroll ke paling bawah untuk mengambil keyword-keyword yang berada di kolom related search. Jika sudah menemukan 5-10 keyword turunan, maka saya langsung memasukkan keyword-keyword tersebut ke dalam artikel yang saya buat.

Dengan menggunakan cara tersebut, akan lebih cepat dan efisien dalam membuat sebuah artikel. Saya berpathokan bahwa setiap kata ataupun kalimat di artikel yang saya buat, itu bisa menjadi keyword semuanya.

Bagaimana cara membedakan jenis-jenis keyword?

Keyword terbagi menjadi 4 jenis, berikut penjelasannya :

  • Short Tail Keyword
    Keyword jenis ini biasanya terdiri dari satu sampai dua kata saja, jenis keyword ini jika mampu kalian tembus di page one maka bisa dipastikan traffic yang didapat bisa meledak. Namun keyword jenis ini lumayan ketat persaingannya. Berikut adalah bebetapa contoh short tail keyword :
    – Nasi goreng
    – Kue pukis
    – Bakso Sapi
    – Mie Ayam
  • Long Tail Keyword
    Keyword jenis ini merupakan turunan dari short tail keyword. Kata kunci ini biasanya lebih sering digunakan karena lebih spesifik dan lebih panjang. Berikut ada adalah contohnya :
    – Cara membuat nasi goreng yang enak
    – Bahan membuat mie ayam lezat
  • Keyword Musiman
    Jenis kata kunci ini bisa disebut keyword trending atau populer. Keyword jenis ini memiliki traffic yang lumayan cukup besar namun dalam waktu singkat. Contohnya :
    – Hasil pertandingan piala presiden tadi malam
    – Score manchester united vs manchester city
  • Keyword Abadi
    Jenis kata kunci yang terakhir adalah keyword yang memiliki tingkat pencarian dengan kurun waktu lama dan stabil. Contohnya adalah :
    – Cara membuat anak
    – Cara merakit komputer

Bagaimana? Sudah sedikit paham dengan 4 jenis keyword? Jika sudah, silahkan kombinasikan 4 jenis kata kunci tersebut ke dalam artikel yang kalian buat nantinya. Untuk peletakannya adalah judul, awal, tengah dan akhir artikel untuk keyword utama.

Sebagai contoh mudah saja ya? Berikut gambarannya :

  • Keyword Utama
    – Cara Membuat Nasi Goreng
  • Keyword turunan ( Hasil Google Related Search ) :
    panduan riset keyword mudah dengan baik dan benar ala onwap blog

    – cara membuat nasi goreng sederhana
    – cara membuat nasi goreng jawa
    – cara membuat bumbu nasi goreng
    – cara membuat nasi goreng pedas
    – cara membuat nasi goreng telur

Setelah mendapatkan keyword utama dan beberapa keyword turunan, saatnya mengkombinasikannya menjadi sebuah artikel. Untuk judul kalian bisa mengambil beberapa alternatif :

  1. Mudahnya Membuat Nasi Goreng Pedas Nan Lezat
  2. Nikmat dan Mudah Membuat Nasi Goreng Jawa Yang Super Pedas
  3. Teknik Sederhana Membuat Nasi Goreng Telur Pedas Yang Lezat

Setelah itu masukkan beberapa keyword turunan yang saya beri warna merah untuk dimasukkan ke dalam badan artikel maupun tag nantinya. Gunakan kreatifitas untuk mengolah keyword yang sudah di dapatkan agar menjadi sebuah artikel yang utuh dan unik.

Memang dengan cara yang saya pakai diatas tidak akan tahu jumlah pencarian bulanan, tingkat persaingan dll. Saya murni mengandalkan insting penulis untuk mencari keyword-keyword apa saja yang sering diketik di mesin pencari berkaitan dengan artikel yang ingin saya tulis. Hasilnya? Alhamdulillah saya berhasil rutin update dan perlahan beberapa artikel mampu menembus page one.

Itu hanya sebagai referensi cara yang saya pakai saja ya? Tidak bisa dibenarkan, karena menurut saya cara tersebut yang paling nyaman saya pakai dan terapkan. Saya hanya membagikan tutorial blog paling dasar dan mudah dipahami dan tidak terlalu membebani. Sekali lagi saya ingatkan, SEO itu seni yang tidak pasti!

Ambil referensi -> terapkan cara yang paling mudah dan nyaman -> eksekusi ke dalam artikel!

Sedikit tips dari saya untuk kalian yang tengah belajar dan benar-benar pemula dalam dunia blogging :

  • Fokuslah belajar menulis artikel yang baik, karena pembaca artikel kalian manusia bukan mesin
  • Karena sifat teknik SEO yang tidak pasti, gunakanlah cara yang paling mudah untuk kalian lakukan dan nyaman tentunya
  • Nge blog itu mudah, jangan dipersulit dengan berbagai macam teknik seo yang rumit
  • Gunakan kreatifitas dan logika untuk mempelajari teknik SEO dengan gaya nge blog yang kalian miliki

Teknik ngeblog paling mudah untuk pemula adalah :

Buat blog -> Design Situs Secara Utuh -> rajin nulis artikel berkualitas -> submit ke webmaster -> submit sitemap -> Share artikel ke social media -> tunggu artikel naik ke halaman utama

Itu adalah teknik yang biasa saya pakai, memang terlihat basic dan tidak terlalu wah. Namun saya merasakan sendiri dampak positifnya dalam jangka waktu beberapa bulan. Sekali lagi saya jelaskan, apa yang saya bagikan diatas memanglah tidak bisa dijadikan pathokan, saya hanya membagikan untuk sekedar referensi saja. Silahkan kembangkan dengan kreatifitas kalian. Saya memaklumi teknik setiap blogger berbeda-beda, dan cara inilah yang biasa saya pakai. Bagaimana dengan kalian?

Perlu di ingat adalah, nge blog itu harus sabar. Karena mesin pencari butuh waktu untuk menilai situs kalian layak berada di halaman utama atau tidak!

Demikian yang dapat saya tulis tentang Pentingkah Riset Keyword Untuk Optimasi SEO Artikel Di Mesin Pencari Bagi Blogger Pemula?

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi beberapa dari kalian yang masih baru belajar nge blog. Untuk pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat silahkan subscribe dan share artikel di blog ini.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.