Pengertian Bounce Rate Pada Blog Dan Pengaruhnya Untuk Optimasi Seo

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara membuat bounce rate yang bagus di blog wordpress blogspot
cara membuat bounce rate yang bagus di blog wordpress blogspot

Pengertian Bounce Rate Pada Blog Dan Pengaruhnya Untuk Optimasi Seo – Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi pengetahuan seputar pengertian bounce rate di blog. Tentunya ini cukup penting untuk diketahui oleh blogger agar bisa lebih maksimal dalam optimasi SEO ( Search Engine Optimation ). Lebih lanjut silahkan baca sampai bawah untuk penjelasan lebih lengkapnya, ok?

Apa pengertian bounce rate?

Kurang lebih penjelasan dari bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke situs kalian namun langsung keluar atau hanya membuka satu halaman saja. Jadi bisa disimpulkan semakin kecil persentase bounce rate maka semakin baik juga untuk blog yang kalian kelola, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya bounce rate adalah sebagai berikut :

  • Pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari di situs kalian
  • Visitor tidak tertarik dengan kontent di situs kalian
  • Pengunjung tidak tertarik membaca kontent lainnya di blog kalian
  • Load halaman terlalu lama
  • Pengunjung terganggu dengan iklan yang berlebihan

Apabila bounce rate blog kalian tinggi, dampaknya adalah situs kalian dipandang buruk oleh mesin pencari. Oleh karena itu, saya pernah menjelaskan di artikel sebelumnya yang membahas tentang Cara Simple Dan Sederhana Meningkatkan Jumlah Visitor Blog. Untuk bounce rate blog yang baik adalah kurang lebih persentasenya 20%-25%. Namun untuk pemula 50%-70% itu sudah lumayan menurut saya. Karena untuk mendapatkan persentase bounce rate kecil biasanya hanya bisa dilakukan oleh para Master SEO.

Bagaimana rumus cara menghitung bounce rate blog?

Rumus yang dipakai adalah A/B x 100% = BR

  • BR : Persentase Bounce Rate blog kalian
  • A : Jumlah visitor/pengunjung yang membuka 1 halaman saja
  • B : Jumlah total pengunjung situs kalian

Misal traffic per bulan situs kalian 2000 dan visitor yang membuka satu halaman blog kalian kurang lebih 200 saja, maka penghitungannya adalah sebagai berikut :

200/2000 x 100% = 10%

Sudah paham kan sekarang mekanisme cara menghitung bounce rate di blog? Tentunya jika kita tahu rumusnya, maka kita tidak memerlukan yang namanya tools tambahan untuk mengetahuinya. Namun jika kalian ingin lebih mudah mengetahuinya, kalian bisa melihatnya di google analytic ( situs harus sudah didaftarkan ).

Nah, sekarang apabila sudah mengetahui rumus serta beberapa hal yang membuat bounce rate sangat tinggi saatnya kita masuk ke tahap bagaimana mengurangi bounce rate blog. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengurangi tingginya persentasi BR situs kalian :

  1. Membuat Kontent Berkualitas
    Sudah saya jelaskan dalam beberapa artikel, kontent berkualitas adalah pilar utama sebuah blog. Jadi kalian harus belajar bagaimana membuat artikel yang berkualitas, menarik serta bermanfaat untuk pengunjung situs kalian. Dengan begitu, visitor akan lebih betah berlama-lama membuka halaman di situs kalian dan memberi efek menurunnya bounce rate blog kalian.
  2. Desain Situs Ringan Dan Responsive
    Jika desain situs kalian load halamannya ringan dan tidak berantakan, tentunya pengunjung akan nyaman dan semakin tertarik untuk menjelajahi setiap artikel berkualitas yang sudah kalian tulis sebelumnya.
  3. Internal Link
    Ini merupakan salah satu teknik untuk menurunkan persentase bounce rate, dengan menyisipkan beberapa internal link ke artikel kalian lainnya tentunya agar memancing pengunjung lebih banyak mengunjungi halaman di blog kalian. Untuk penjelasannya sudah saya bagikan di artikel saya sebelumnya yang membahas tentang Bagaimana Mengirim Traffic Ke Artikel Yang Kurang Populer Di Blog?
  4. External Link
    Ini juga harus kalian perhatikan. Link/tautan yang di luar situs kalian silahkan tambahkan atribut link html ” target=_blank ” atau bisa setting ketika menyisipkan link artikel dengan mencentang “ open new tab “. Tujuannya jelas, yaitu meskipun pengunjung meng klik tautan/link di luar situs kita namun tidak meninggalkan halaman sebelumnya dan external link akan otomatis terbuka di jendela baru. Percaya atau tidak, ini juga bermanfaat untuk mengurangi bounce rate blog.

Itulah 4 cara menurunkan bounce rate blog yang biasa saya pakai. Semoga artikel referensi bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk membenahi situs kalian yang belum bisa bersaing di mesin pencari. Pelajari dan tangkap beberapa point yang bisa diterapkan di situs kalian, kemudian eksekusi dengan kreatifitas kalian agar bisa lebih maximal hasilnya. Karena sudah pernah saya katakan, teknik seo itu berbeda setiap orang maupun blog yang didapat dari hasil riset serta praktek dari beberapa referensi tutorial baik dari google maupun youtube.

Jangan lupa baca juga artikel terkait panduan dasar blog untuk pemula lainnya berikut ini :

Demian yang dapat saya tulis tentang Pengertian Bounce Rate Pada Blog Dan Pengaruhnya Untuk Optimasi Seo. Semoga bermanfaat untuk kalian yang tengah belajar seputar tutorial dasar blog. Untuk kritik, saran maupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, alangkah bahagia rasanya saya apabila kalian mau subscribe dan share artikel di blog ini.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.