Kenapa Blogger Harus Mampu Membuat Artikel Berkualitas? Simak Ulasannya Versi Penulis!

Assalamu’alaikum.wr.wb

manfaat menulis artikel berkualitas untuk blog

Kenapa Blogger Harus Mampu Membuat Artikel Berkualitas? Simak Ulasannya Versi Penulis! – Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel ini saya ingin berbagi seputar tips, trik dan tutorial panduan dasar blog untuk pemula. Kali ini saya ingin berbagi seputar dasar mindset membangun sebuah blog, yaitu kenapa artikel berkualitas itu sangatlah penting.

Di artikel panduan dasar blog yang sudah pernah saya tulis sebelum-sebelumnya, saya beberapa kali mengatakan bahwa ” artikel adalah nyawa atau pondasi utama sebuah blog ” Karena artikel merupakan jalan masuk bagi blog yang kita miliki mendapatkan traffic dari mesin pencari serta kontent utama yang disajikan untuk menarik minat pembaca

Jika artikel yang ada di blog kita asal-asalan, maka bisa dipastikan orang akan malas untuk berkunjung kembali maupun subscribe. Selain itu, lambat laun akan berpengaruh terhadap posisi blog di mesin pencari. Karena google semakin kesini sudah canggih, yaitu bisa membedakan mana artikel yang bagus dan mana yang tidak. Okelah, kita mulai bedah dan ulas satu persatu alasan kenapa blogger harus mampu membuat artikel berkualitas :

  • Menyenangkan Pembaca
    Hal pertama yang menjadi point penting serta memiliki manfaat yang cukup besar yaitu ketika kalian memiliki artikel berkualitas maka secara tidak langsung itu akan memyenangkan pengunjung/visitor blog kalian. Jika sudah suka dengan kontent berkualitas yang disajikan, mereka akan ketagihan membaca dengan senang hati bookmark maupun subscribe blog kalian. Bukan tanpa alasan, para pembaca setia biasanya para pengunjung setia lahir karena artikel yang kalian tulis benar-benar bagus menurut mereka dan merasa apa yang kalian bagikan di situs kalian bermanfaat untuk mereka. Selain itu, kalian juga tanpa sadar dapat pahala karena menyenangkan orang lain. he he… hal tersebut sudah saya ulas di artikel Alasan Kenapa Ngeblog Itu Menyenangkan!
  • Menarik Pembaca Untuk Subscribe
    Seperti yang sudah saya singgung di point pertama, apabila pengunjung sudah suka dengan artikel berkualitas yang disajikan maka dengan senang hati mereka akan bookmark maupun subscribe blog kalian. Mendapatkan subscriber disini sangatlah penting, karena nantinya mereka akan terus mendapatkan update setiap artikel yang baru saja kalian terbitkan. Hitung-hitung kalian tidak perlu susah-susah promosi, sudah ada yang berlangganan artikel dari blog kalian.
  • Peluang Diterima Adsense Lebih Besar
    Ini juga merupakan salah satu alasan kenapa kalian harus bisa menulis artikel berkualitas karena itu merupakan salah satu syarat untuk diterima menjadi publisher Google Adsense.
  • Sebagai Fortofolio
    Point ketiga ini mungkin tidak begitu menonjol dan bisa jadi jarang yang tahu. Artikel berkualitas yang ditulis secara tidak langsung menjadi portofolio kalian. Fortofolio untuk siapa? Tentunya untuk pengiklan dan untuk kalian. Untuk pengiklan, mereka bisa membaca artikel yang sudah pernah kalian tulis sebelumnya. Sedangkan untuk kalian, itu menghemat waktu karena jika diminta oleh calon pengiklan mengenai kualitas dan pengalaman kalian maka tinggal kalian kirimkan saja url blog kalian. Perlu kalian ketahui, jika kalian mendapatkan pengiklan secara langsung, kalian bisa memberikan harga terserah kalian maupun kesepakatan antara dua pihak.
  • Menarik Pengiklan
    Jika artikel kalian berkualitas, maka pengiklan akan dengan senang hati mengajukan penawaran. Menurut pengalaman saya sendiri, kalian bisa di endorse untuk produk maupun jasa mereka, membuat artikel review dan lain-lain. Jangan ditanya soal harga, semakin bagus fortofolio artikel kalian maka bisa semakin mahal tarifnya. Untuk hal ini, sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya tentang Bagaimana Cara Menarik Pengiklan Memasang Iklan Di Blog?

Intinya adalah menulis artikel berkualitas itu sangatlah penting dan menjadi senjata paling ampuh untuk bisnis. Jangan terpaku hanya pada traffic saja, namun kualitas artikel juga harus kalian perhatikan. Nge blog tidak melulu soal menjadi publisher media periklanan seperti adsense, ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dari blog dan kalian butuh meningkatkan kualitas artikel di situs kalian jika ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar serta menarik lebih banyak pengiklan untuk beriklan di situs kalian.

Jika sudah tahu sedikit gambaran manfaat memiliki artikel berkualitas, berikut adalah beberapa point yang perlu kalian perhatikan untuk membuat artikel berkualitas yang biasa saya jadikan pathokan :

  • Informatif
  • Lengkap
  • Gambar relevan
  • Menggunakan bahasa baku
  • Ditulis dengan gaya penulisan sendiri
  • Jumlah kata sesuai standard artikel yaitu minimal 300 kata
  • Disertai dengan fakta dan sumber yang jelas
  • Enak dibaca orang bukan mesin pencari

Itu saja tips yang bisa saya berikan berdasarkan apa yang biasa saya lakukan. Namun saya juga menyadari bahwa standard menulis orang beda-beda, jadi silahkan sesuaikan dengan diri kalian masing-masing. Jangan terpaku pada gaya menulis orang lain, lebih baik temukan gaya menulis kalian sendiri dari hasil referensi belajar serta pengalaman kalian.

Jangan lupa untuk membaca artikel terkait lainnya seputar tips, trik dan tutorial panduan dasar blog untuk pemula lainnya dibawah ini ya?

Demikian yang dapat saya tulis tentang Kenapa Blogger Harus Mampu Membuat Artikel Berkualitas? Simak Ulasannya Versi Penulis! Semoga bermanfaat untuk kalian yang tengah mencari referensi artikel seputar tips, trik dan tutorial panduan dasar blog untuk pemula. Untuk pertanyaan, saran maupun kritik tentang tulisan saya dapat menuliskannya di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!