Cara Mengatasi Error 404 Not Found Di WordPress Self Hosted

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Mengatasi Error 404 Not Found Di WordPress Self Hosted 3
( Source Image : Pixabay.com )

Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di artikel ini saya ingin berbagi kembali tentang salah satu permasalahan yang mungkin umum pernah dialami oleh blogger yang menggunakan server sendiri ( Self Hosted ) yaitu cara mengatasi error 404 not found di wordpress. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya beberapa hari lalu, dan melalui artikel ini saya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca setia blog ini. he he…

Ini merupakan artikel lain cara mengatasi permasalahan umum yang sering dialami blog wordpress self hosted, sebelumnya saya pernah berbagi tutorial :

  1. Cara Mengganti Username Dan Password WordPress Lewat Cpanel Hosting
  2. Cara Mengatasi WordPress Error Tiba-tiba Minta Install Ulang!

Error 404 Not Found terjadi ketika pengunjung mengakses url di blog kalian namun server tidak meresponnya karena tidak menemukan kontent yang diakses oleh pengunjung situs kalian. Biasanya disebabkan karena file .htaccess tidak sengaja terhapus atau mengalami masalah ketika rewrite sehingga ketika diakses akan muncul pesan error 404.

Dalam kasus yang saya alami kemarin saat menemukan pesan error 404 not found di blog saya, hamalan utama blog saya masih bisa diakses namun ketika mengakses ke halaman artikel maupun laman di blog tidak bisa alias mengalami error 404. Saya menyadarinya setelah dua hari, sehingga traffic turun drastis dan beberapa artikel turun peringkat di mesin pencari.

Pada awalnya saya merasa kebingungan, bahkan sempat ingin menghubungi pihak hosting untuk mengatasi permasalahan ini. Namun setelah googling dan mencari referensi, ternyata cukup mudah cara mengatasi error 404 not found di wordpress. Berikut adalah step by step nya :

  • Silahkan login ke dashboard WP kalian
    cara mengatasi error 404 not found di wordpress self hosted
  • Kemudian silahkan masuk ke menu ” Pengaturan ” -> ” Permalink
    cara mengatasi error 404 not found di wordpress self hosted 1
  • Apabila sudah, kalian cukup scrool kebawah dan klik ” Simpan Perubahan
  • Setelah itu, silahkan kalian kunjungi link artikel atau laman. InsyaAllah sudah bisa kembali di akses

Apabila masih belum bisa, kalian bisa masuk ke cpanel kemudian rename atau hapus file .htaccess, kemudian silahkan kalian buat file .htaccess dengan settingan default. Kalian bisa copy scriptnya di sini! Setelah itu silahkan akses kembali laman maupun artikel kalian sudah bisa atau belum. Jika masih belum bisa, silahkan kontak pihak hosting bersangkutan melalui chat maupun support ticket.

NB :

  1. Backup terlebih dahulu file blog kalian untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan
  2. Jika kalian tidak menemukan file .htaccess, silahkan kalian ubah settingan di file manager cpanel kalian menjadi tampilkan file tersembunyi
  3. Dari pengalaman saya, cara pertama sudah bisa mengatasi masalah error 404 not found di wordpress
  4. Apabila sudah kembali benar, untuk mengembalikan index artikel di mesin pencari google silahkan kalian masuk ke ” Google Webmaster ” kemudian ” Fetch As Google ” url blog kalian baik dekstop maupun mobile
  5. Jika sudah, silahkan submit ulang sitemap. Untuk tutorialnya sudah saya bagikan di artikel Cara Mudah Submit Sitemap Di Blogspot Dan WordPress Ke Google Webmaster Tools

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengatasi error 404 not found di wordpress self hosted? Apabila masih ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ya? Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk subscribe dan share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

 

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!