Cara Parkir Domain Namecheap Ke Hosting Lain!

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Parkir Domain Namecheap Ke Hosting Lain 5
Source Image : Namecheap

Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi tentang tips, trik dan tutorial panduan dasar wordpress self hosted untuk pemula yaitu tentang cara parkir domain namecheap ke hosting lain. Ini berguna untuk mengarahkan domain yang kalian beli dari namecheap ke hosting yang beli dari tempat lain seperti :

Perlu kalian ketahui, untuk membangun sebuah web atau blog menggunakan wordpress self hosted kalian tidak harus beli di satu tempat saja baik domain maupun hosting. Karena bisa order terpisah namun nantinya butuh untuk mengarahkan domain ( parkir domain ) menggunakan namesever ( ns ) dari penyedia layanan hosting yang kalian beli.

Sebagai gambaran mudahnya, misal kalian beli domain di situs A kemudian hosting di situs B, maka kalian harus menghubungkan domain dari situs A dengan hosting yang kalian beli di situs B. Yang kalian butuhkan hanyalah nameserver dari situs B yang nantinya akan dipasang di situs A. Sudah paham? Bagi yang masih bingung tentang domain maupun hosting, silahkan baca Pengertian Hosting Dan Domain Beserta Penjelasannya!

Nah di artikel ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara parkir domain namecheap ke hosting lain. Kenapa saya sering share tutorial tentang namecheap?  Karena disana kalian bisa beli domain cukup murah mulai dari $0.48 dan merupakan langganan saya selama beberapa tahun terakhir. Untuk ulasannya sudah saya bagikan di artikel Review Domain Murah Bayar Via Paypal Unverified ( Namecheap ).

Jika kalian tidak punya paypal ataupun dompet bitcoin untuk order domain disana, kalian bisa menggunakan jasa yang saya tawarkan. Untuk penjelasan lengkapnya kalian bisa baca di artikel penawaran Jasa Order Domain Murah Full Controll Via Pulsa Dan Bank Namecheap/Whois.

Nah, apabila kalian ingin menggunakan hosting lain dari luar namecheap, kalian harus order domain di namecheap dahulu kemudian baru order hostingnya. Nantinya pada kolom order hosting, kalian pilih ” I Have A Domain ” atau ” I will use my existing domain and update my nameservers ” dan masukkan nama domain yang sudah kalian beli di namecheap. Lihat gambar dibawah ini biar lebih jelas :

Cara Parkir Domain Namecheap Ke Hosting Lain 3
Dalam contoh kali ini saya beli domain di namecheap dan hosting di hostblast

Pastikan nama domain yang kalian masukkan sesuai dengan nama domain yang sudah kalian order di namecheap. Setelah itu selesaikan order dan bayar, maka nantinya ketika hosting sudah aktif maka akan mendapatkan info login cpanel beserta nameservernya ke email kalian.

Okelah, saya rasa penjelasannya cukup panjang. Langsung saja ke step by step cara parkir domain namecheap ke hosting lain :

  • Langkah pertama login ke akun namecheap kalian ( saya anggap kalian sudah membeli domain di namecheap dan sudah order hosting di luar namecheap seperti di hostblast, idhostinger, niagahoster, rumahweb, hostgator dll )
    Cara Parkir Domain Namecheap Ke Hosting Lain
  • Setelah itu klik ” Domain
  • Klik ” Manage ” pada domain yang ingin kalian parkir ke hosting lain
    Cara Parkir Domain Namecheap Ke Hosting Lain 1
  • Maka tampilannya akan seperti ini. ( Lihat Gambar )
  • Jika hosting kalian menggunakan namecheap maka silahkan setting di nameserver tersebut ” Namecheap Web Hosting DNS
  • Namun jika menggunakan hosting lain seperti hostblast, maka kalian pilih ” Custom DNS
  • Setelah itu kalian masukkan nameservers yang dikirim ke email dari hosting tempat kalian order hosting seperti yang sudah saya jelaskan di atas
  • Jika sudah, klik tanda ” Centhang
  • Tunggu selama 24 jam sampai tersambung antara domain dengan hostingnya

Setelah nanti terhubung, kalian dapat mulai membangun website maupun blog baik menggunakan cms wordpress maupun menggunakan cms buatan sendiri. Dan sekedar info tambahan bagi kalian yang ingin membuat blog wordpress dengan hitungan murah, dapat membaca artikel saya sebelumnya tentang Berapa Total Biaya Membuat Sebuah Blog WordPress Self Hosted?

Dan untuk kalian yang menggunakan blog gratis seperti di blogger.com ( blogspot ), tidak perlu khawatir order domain di namecheap karena saya sudah share tentang Cara Mudah Parkir Domain Dari Namecheap Ke Blogspot.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Cara Parkir Domain Namecheap Ke Hosting Lain! Semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang mencari artikel referensi sebelum mulai membuat blog wordpress self hosted dengan biaya yang cukup murah.

Untuk pertanyaan, kritik, saran maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.