Aplikasi Tik Tok Diblokir Kominfo, Siapa Yang Salah?

Assalamu’alaikum.wr.wb

aplikasi tik tok diblokir kominfo
Source Image : Tribbunews.com

Selamat siang sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya tidak ingin berbagi tips, trik dan tutorial android ataupun blog namun lebih kepada menanggapi sebuah fenomena aplikasi tik tok diblokir kominfo yang tengah hangat diperbincangkan beberapa hari ini. Saya ingin menulis pendapat saya tentang hal ini dari sudut pandang dan pemikiran saya sendiri.

Sebelum lebih lanjut ke tahap penyampaian opini saya tentang fenomena yang tengah viral ini, apa sebenarnya aplikasi tiktok itu?

Tik Tok adalah platform sosial video pendek yang didukung dengan musik. Baik itu musik untuk tarian, gaya bebas, ataupun performa, para pencipta didorong untuk berimajinasi sebebas-bebasnya dan menyatakan ekspresi mereka dengan bebas.

Tik Tok menjadi aplikasi yang cukup fenomenal dan booming karena juga digunakan oleh orang-orang terkenal baik itu artis instagram ataupun artis televisi dan youtube.

Kita ke coba bedah perlahan permasalahannya disini, apakah salah seseorang menciptakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk sarana hiburan dan berekspresi? Jawaban saya adalah tidak, namun dengan catatan harus ada pembatasan usia agar hanya bisa dipakai oleh orang yang sudah berumur.

Setiap aplikasi tentunya memiliki Term & Condition ( Peraturan Penggunaan ), dan yang menjadi permasalahan adalah jarang dibaca dan dipahami oleh usernya. Sehingga pada akhirnya, ulah usernya yang nakal membuat sebuah aplikasi menerima dampaknya.

Apakah itu juga salah usernya? Ya! Itu adalah salah dari beberapa user nakal yang menggunakan aplikasi dengan tidak semestinya dan tidak memahami serta mematuhi peraturan dari sebuah aplikasi.

Namun itu sudah menjadi resiko untuk developers aplikasinya, sehingga jika tidak ingin aplikasinya digunakan oleh orang-orang negatif harus memperketat platform yang dikembangkannya agar tercipta sebuah ekosistem yang positif. Namun itu bukanlah perkara yang mudah, karena aplikasi tersebut digunakan oleh jutaan orang.

Kenapa Aplikasi Tik Tok menjadi sebuah aplikasi yang dinilai tidak baik oleh orang banyak? Jawabannya cukup mudah, karena yang di share dan di viralkan oleh netijen di Indonesia entah itu facebook, instagram, youtube dll adalah kontent-kontent negatif. Banyak juga video yang lumayan kreatif namun sedikit yang mau membagikannya karena mungkin sepi peminatnya. he he…

Dan sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwasanya di Indonesia bahkan dunia pada umumnya, kontent negatif akan mudah menyebar daripada sebuah kontent positif. Dan hal ini yang dimanfaatkan oleh akun-akun pendulang uang untuk memanfaatkannya menjadi sebuah kontent yang tidak peduli dengan dampaknya entak untuk person ataupun pemilik aplikasinya.

Akun-akun tersebut masa bodoh dengan apapun dampaknya, yang penting subscriber ataupun followers banyak serta views meledak akibat viral. Selain itu, budaya asal share sesuatu tanpa mempertimbangkan dampaknya seperti sudah mendarah daging susah dihilangkan.

Apakah Tik Tok Diblokir karena Bowo yang mengadakan meet and greet? Tidak sepenuhnya salah dia! Stop melakukan bullying yang membuat seseorang semakin terkenal maupun membuat hidup orang hancur.

Saat ingin melakukan bully melalui media sosial, kembali tanyakan pada diri sendiri bagaimana  kalian melakukan kesalahan kemudian di bully. Teknologi tercipta memang memiliki dua sisi seperti pisau, tergantung bagaimana menggunakannya.

Agar kejadian yang tidak terjadi, jaga melalui diri sendiri dengan tidak melakukan posting suatu yang berdampak negatif dan mulailah dengan share sesuatu yang mendidik bukan hanya sekedar asal share sesuatu yang tidak berfaedah.

Meski tak sebanyak akun-akun hiburan yang sering share hal yang kurang berfaedah, namun setidaknya banyak akun-akun social media yang share sesuatu yang bermanfaat untuk media pembelajaran.

Jika masih kesulitan, silahkan masuk ke www.google.com, cari apa yang yang ingin kalian pelajari hampir semuanya ada. Tinggal bagaimana kemauan kalian untuk belajar sesuatu yang positif dan bermanfaat

Jika hanya menyalahkan sesuatu maupun orang lain memang mudah, namun melihat kesalahan diri sendiri terkadang tidak bisa. Padahal hal tersebut menjadi hal yang paling penting untuk menjadi pribadi yang lebih baik. ( Blogger Muntilan )

Demikianlah yang dapat saya tulis tentang Aplikasi Tik Tok Diblokir Kominfo, Siapa Yang Salah? Semoga dapat mengambil point penting serta manfaatnya.

Untuk pertanyaan, kritik, saran maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa share dan subscribe artikel di blog ini.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

 

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.