[ 100% Berhasil ] Cara Setting Addon Domain Lewat Cpanel Hosting Dengan Mudah!

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara setting addon domain lewat cpanel hosting 6
Source Image : Pixabay.com

Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi kembali seputar tips, trik dan tutorial blog dan hosting yaitu tentang cara setting addon domain lewat cpanel hosting dengan mudah.

Apa Itu Addon Domain ?

Addon domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke subdirektori sebuah website sehingga domain tersebut akan menampilkan isi web dari subdirektori tersebut.

Bingung ya dengan apa itu addon domain? Sedikit gambarannya saja agar mudah memahaminya. Setiap hosting menyediakan addon domain bertujuan memberi kesempatan kepada pelanggan untuk membuat website lebih dari satu dalam satu hosting.

Dengan kata lain, fungsi addon domain adalah untuk menambahkan domain ke dalam hosting dan nantinya semua file dari domain yang ditambahkan akan diletakkan di sub direktori/folder dari direktori domain utama.

Contoh addon domain adalah seperti ini. Misal kalian pertama membeli hosting dan domain, nah domain yang pertamakali dibeli tersebut akan menjadi ( root domain ) domain utama. Kemudian kalian merasa kurang jika cuma membuat 1 website, kalian beli 1 domain lagi dan ditambahkan ke hosting tersebut dan diletakkan di sub direktori domain utama.

Contoh addon domain di file direktori cpanel kalian nantinya :

www.anu.com ( domain utama )
www.anu.com/blog1.com ( addon domain )
www.anu.com/blog2.com ( addon domain )
dan seterusnya

Itu hanya peletakan file di direktori cpanel kalian, namun tetap nantinya bisa diakses menjadi domain blog1.com bukan www.anu.com/blog1.com. Hanya lokasi instalasi websitenya di sub direktori www.anu.com. ( Praktek saja agar nanti lebih mudah memahaminya ).

Untuk addon domain di hosting sendiri bervariasi, tergantung dengan layanan hosting yang kalian sewa menyediakan berapa slot addon domain. Sebagai contoh, di namecheap paket hosting paling murah hanya bisa menambahkan maksimal 3 addon domain. Dengan kata lain, kalian maksimal hanya bisa membuat 3 domain.

Namun ada juga hosting yang menyediakan addon domain unlimited, seperti di hosting lokal murah unlimited niagahoster. Jika kalian mengambil paket shared hosting jika kalian mengambil paket Personal maupun Bisnis.

Tapi malaupun ada yang menyediakan addon domain unlimited, kalian harus mempertimbangkan untuk membuat banyak website dalam 1 hosting. Sesuaikan dengan diskspace serta bandwith agar tidak megap-megap. Karena walaupun unlimited, namanya dipakai rame-rame pada masanya pas traffic tinggi bisa down. hehehehe….

Sudah paham ya disini gambaran tentang fungsi addon domain dan contoh addon domain? Berikut adalah step by step cara setting addon domain lewat cpanel hosting :

Langkah Pertama yaitu kalian harus mengganti nameservers untuk mengarahkan domain ke hosting.

  • Langkah pertama silahkan login ke akun tempat domain kalian
  • Dalam contoh kali ini saya ingin addon domain dari niagahoster ke hosting di namecheap
    cara setting addon domain lewat cpanel hosting 3
  • Silahkan menuju ke ” Hosting & Domain ” di dashboard niagahoster
  • Setelah itu klik ” Kelola ” pada domain yang ingin di addon ke hosting
    cara setting addon domain lewat cpanel hosting 4
  • Klik ” Nameserver ” dan masukkan nameserver dari hosting yang ingin di addon domain tersebut. (Jika kalian ingin add domain dari niagahoster ke hosting niagahoster maka tidak perlu ada yang dirubah )
    Jika ingin addon domain ke hosting di tempat lain seperti ke namecheap, maka silahkan masukkan nameservernya berikut ini :
    – dns1.namecheaphosting.com
    – dns2.namecheaphosting.com
  • Apabila sudah klik ” Update ” dan tunggu loading hingga nameserver sudah selesai diupdate

Langkah kedua adalah cara setting addon domain di cpanel hosting setelah nameserver sudah diupdate, berikut adalah step by stepnya :

  • Langkah pertama kalian harus login ke cpanel hosting kalian
    cara setting addon domain lewat cpanel hosting
  • Masukkan username dan passwordnya
    cara setting addon domain lewat cpanel hosting 1
  • Jika sudah berhasil login, klik ” addon domain
    cara setting addon domain lewat cpanel hosting 4
  • Isi datanya seperti ini :
    New Domain Name : Silahkan isi dengan domain yang ingin kalian addon. Contoh : ” namadomain.com ” | domain yang sudah kalian update nameservernya tadi
    Subdomain : silahkan isi dengan ” namadomain ” untuk sekalian membuat subdomain | nanti akan menjadi ” namadomain.domainutama.com “
    Document Root : Isi dengan ” nama domain ” | lokasi folder instalasi domain addon
    Silahkan centang ” Create ftp account ” untuk sekalian membuat akun ftp dari domain yang kalian addon ( Optional )
  • Jika sudah semuanya, klik ” add domain ” dan tunggu loading
    cara setting addon domain lewat cpanel hosting 5
  • Apabila seperti ini maka kalian sudah sukses addon domain

NB :

  1. Jika kalian ingin install wordpress, silahkan letakkan file instalasi ke domainutama.com/namafolderaddondomain
  2. Atau jika kalian ingin upload script website ke domain addon tersebut, maka silahkan letakkan di folder tersebut jangan di folder domain utama

Baca juga artikel terkait hosting dan domain yang pernah saya tulis berikut ini :

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang [ 100% Berhasil ] Cara Setting Addon Domain Lewat Cpanel Hosting Dengan Mudah! Semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang mencari artikel tutorial ini.

Untuk pertanyaan, kritik, saran maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.