Tutorial Dasar Cara Menggunakan Gutenberg Di WordPress!

Assalamu’alaikum.wr.wb

Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi kembali tentang tips, trik dan tutorial panduan dasar blog untuk pemula yaitu tentang tutorial dasar cara menggunakan gutenberg di wordpress.

Apa itu gutenberg?

Gutenberg adalah codename yang fokus kepada editor WordPress baru. Sasaran dari fokus ini adalah untuk menciptakan pengalaman pengeditan pos dan halaman baru yang memudahkan siapa pun untuk membuat tata letak posting yang kaya.

Dibandingkan dengan editor wordpress lama, gutenberg menurut penulis sendiri lebih bagus dari versi editor artikel wordpress sebelumnya. Karena dengan adanya fitur blok semakin memudahkan untuk menulis artikel tidak perlu repot setting manual namun tinggal menambahkan blok yang diinginkan kemudian menambahkan kontent serta mengeditnya.

Masih bingung? Sebagai contoh, ketika kalian ingin menambahkan tulisan maka tambahkan blok paragraf. Di blok tersebut kalian akan diberikan shortcut seperti pengaturan paragraf, ukuran font, link dan fitur lainnya. Itulah tadi gambaran umum cara menggunakan gutenberg di wordpress.

Okelah, kita bedah satu per satu cara menggunakan gutenberg di wordpress menurut pengalaman penulis ya?

  • Judul

Untuk blok judul sendiri tidak ada hal khusus, seperti di editor wordpress sebelumnya disedakan fitur untuk mengubah permalink artikel yaitu custom url agar bisa disesuaikan dan biasanya digunakan untuk keperluan SEO ( Blogger Expert ). Jika kalian ingin copy permalink dan disisipkan ke dalam artikel, tinggal klik saja logo rantai di sebelah kiri.

  • Cover Artikel

Di gutenberg disediakan blok khusus untuk mengatur cover image artikel. Jadi kalian tidak perlu susah payah coding untuk setting posisi gambar cover, dengan bantuan blok tersebut kalian tinggal upload gambar cover kemudian mengeditnya sedikit

  • Menambahkan Gambar Menjadi Lebih Mudah

Untuk menambahkan gambar lebih mudah, tinggal klik icon ” Gallery ” di blok, kemudian pilih ” Upload ” atau ” Media Library ” untuk menambahkan gambar ke artikel. Fungsi tambahan lainnya yaitu kalian bisa mengatur rata kiri/kanan atau tengah gambar dengan mudah dan dijamin presisi.

Adapun untuk settingan lain gambar seperti penambahan atribut ” ALT ” ataupun rename gambar untuk keperluan SEO bisa mengeditnya dengan klik icon ” Pensil ” di blok image tersebut.

Bagi saya sendiri yang merupakan blogger penulis artikel tutorial, dengan adanya blok image ini lebih memudahkan saya untuk menulis artikel tutorial dengan menyusun banyak gambar dikombinasikan dengan tulisan sebagai penjelasan. ( Silahkan dicoba, dijamin ketagihan, hahahaha.. )

  • Embed Gambar Maupun Video Jadi Lebih Mudah

Dengan adanya fitur embed ini, setidaknya kalian hemat dalam menginstall plugin embed di situs wordpress kalian. Ada sekitar 35 situs yang disediakan oleh gutenberg untuk di embed ke dalam artikel kalian seperti :

  1. Instagram
  2. Youtube
  3. Facebook
  4. Reddit
  5. ReverbNation
  6. Soundcloud
  7. Dll

Tinggal kalian tambahkan blok widget embed ini kemudian masukkan url dan klik embed maka Documen, gambar atau video tersebut otomatis ditambahkan ke artikel kalian dengan mudah tanpa perlu tambahan plugin ataupun ribet coding.

  • Shortcut Edit Blok

Di setiap blok yang kalian tambahkan, ada fitur pengaturan seperti :

  1. Edit as HTML
  2. Duplicate Blok
  3. Add to Reusable Blocks
  4. Remove Block

Jadi tidak perlu khawatir jika keliru menambahkan blok, kalian bisa menghapusnya. Selain itu jika tidak ingin repot membuat blok lagi, bisa menggunakan fitur duplicate maupun remove block untuk menghapus blok yang tidak kalian inginkan namun sudah terlanjur ditambahkan.

  • Menambahkan Widget

Untuk blok widget ini kalian bisa menambahkan beberapa hal ke dalam artikel kalian seperti :

  1. Latest Post
  2. Shortcode
  3. Archives
  4. Kategori
  5. Latest Comments

Apabila kalian ingin menambahkan artikel terkait terbaru yang baru saja kalian tulis, tidak perlu repot. Kalian tinggal tambahkan blok widget dan pilih ” Latest Post ” maka otomatis menambahkan 5 artikel terbaru ke dalam artikel yang kalian tulis. ( Simple Dan Mudah )

Itulah tadi beberapa hal dari gutenberg calon editor wordpress terbaru yang ternyata kaya akan fitur berupa blok yang bisa disusun menjadi sebuah artikel maupun landing page yang menarik.

Selain itu seperti yang sudah penulis katakan di awal artikel, Gutenberg ternyata lebih baik dan kaya akan fitur dibandingkan dengan editor wordpress sebelumnya. Jadi penulis mencoba berbagi pengalaman disini dengan menulis artikel cara menggunakan gutenberg di wordpress.

Saat ini Gutenberg hanya tersedia dalam versi plugin demo, untuk menikmatinya silahkan install dan aktifkan plugin tersebut. Berikut adalah linknya -> https://wordpress.org/plugins/gutenberg/.

Baca juga artikel terkait wordpress self hosted berikut ini :

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Tutorial Dasar Cara Menggunakan Gutenberg Di WordPress! Semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang belajar seputar panduan dasar wordpress untuk pemula.

Untuk pertanyaan, kritik, saran maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel di blog ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!