7 Kiat Sukses Berbisnis Di Instagram Yang Bisa Diterapkan UKM

Assalamu’alaikum.wr.wb

7 Kiat Sukses Berbisnis Di Instagram Yang Bisa Diterapkan UKM
Source Image : Pixabay.com

Selamat malam sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi seputar tips dan trik 7 kiat sukses berbisnis di instagram yang bisa diterapkan UKM.

Indonesia merupakan negara dengan pengguna Instagram terbesar se-Asia-Pasifik (Kompas). Bahkan, pengguna aktif  bulanan Instagram di Indonesia atau monthly active user (MAU) sudah tembus 1 milyar per Juni 2018. (Kompas).

Ini menjadi peluang untuk mereka yang ingin mempromosikan brand dan produknya lewat Instagram. Tampilan Instagram yang seperti galeri adalah sebuah nilai plus untuk toko online atau startup sebagai portfolio online mereka dan mudah untuk dilihat oleh pembeli.

Datamaya Consulting, salah satu digital marketing agency di Indonesia yang menyediakan layanan social media management, juga mengamini bahwa akhir-akhir ini banyak request dari klien mereka yang menginginkan jasa social media management untuk platform Instagram, baik dari brand besar maupun startup yang baru bermunculan. Dan ini terjadi di hampir semua digital agency.

Nah, bagi Anda yang mungkin baru memulai atau ingin mencoba berjualan atau memaksimalkan Instagram untuk bisnis Anda, berikut adalah beberapa tips dan langkah yang bisa Anda coba:

  • Kenali Audience Anda

Apakah bisnis dan produk anda diperuntukkan remaja usia 12-17 tahun? Atau malah ibu rumah tangga berusia 25 keatas? Anda mungkin saja sudah membuat konten Instagram untuk bisnis anda dengan apik, tapi apakah audience anda mengerti apa yang anda bicarakan?

Ada beberapa cara mengenali audience anda di instagram, salah satunya adalah Instagram Insight.

Instagram Insight membantu penggunanya untuk mengatahui lebih dalam bagaimana interaksi followers akun anda dengan akun anda sendiri. Beberapa fitur Insight memudahkan anda untuk mengetahui apakah konten yang anda post tersampaikan dengan baik atau menarik followers untuk melihat.

Contohnya adalah impressions untuk melihat seberapa banyak konten anda dilihat, website clicks untuk melihat berapa orang yang mengunjungi website anda lewat instagram anda dan video views untuk mengetahui berapa kali video yang anda unggah di putar.

Selain itu, Instagram Insight membantu anda untuk mengetahui waktu dimana followers anda aktif lewat Follower activity, sehingga anda tahu saat yang tepat untuk mengunggah konten anda. Dan yang terakhir adalah fitur Saves dimana anda dapat mengetahui jumlah orang yang menyimpan konten instagram anda.

Selain fitu-fitur diatas, Instagram Insight juga menghadirkan fitur dimana anda dapat mengetahui demografis followers anda, sehingga anda dapat membuat konten yang tepat sesuai demografis instagram anda.

  • Variasi Konten Yang Menarik

Berbisnis di Instagram tidak melulu soal berjualan, namun membuat konten yang dapat menarik followers untuk mem-follow akun anda menjadi hal penting juga. Tak hanya menarik untuk followers, namun konten instagram bisnis anda harus bisa merepresentasikan bisnis anda. Selain itu, konten harus relevan dengan bisnis anda dan dapat mengedukasi followers tentang bisnis anda.

Mulailah bereksperimen dengan konten anda, mulai dari foto, video, gif dan design grafis yang menarik dan membuat konten yang dapat menarik interaksi followers anda seperti quiz dan tebak-tebakan ataupun cerita latar belakang bisnis anda.

Konten yang menarik tidak cepat membuat followers bosan dan dapat membuat para followers anda mengunggu unggahan –unggahan anda.

  • Interaksi Dengan Followers

Selain konten yang menarik, interaksi dengan followers anda tak kalah penting. Disini, anda dapat membuat akun bisnis anda lebih friendly dan hangat untuk menjalin hubungan dengan followers anda.

Anda dapat memulai dengan membalas komentar followers and ataupun direct message mereka dengan bahasa yang akrab namun sopan ataupun repost foto mereka beserta ulasan tentang produk ataupun jasa dimana bisnis anda bergerak.

Selain membangun hubungan antara bisnis dan konsumennya, anda pun dapat mengetahui bagaimana sikap konsumen anda terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan ataupun mengetahui permintaan followers anda atau juga mengetahui dimana anda bisa memperbaiki atau meningkatkan produk atau jasa anda lewat direct message yang followers anda kirimkan ataupun ulasana yang mereka tulis.

  • Hastag Unik & Relevan

Hastag pada Instagram membantu untuk mengelompokkan gambar dan video secara spesifik dan berguna sebagai kata kunci dalam pencarian di Instagram. Banyak sekali hastag yang telah dibuat di Instagram, mulai dari yang paling populer dan generik seperti #love hingga yang sangat spesifik.

Disini, anda dapat membuat hastag unik dan relevan juga mudah diingat terkait  bisnis anda sehingga pembeli  mudah mencari post yang berkaitan dengan akun Instagram bisnis anda. Mulai dari tagline dan campaign yang anda adakan yang terus menerus anda cantumkan pada setiap caption dan logo anda hingga hastag spesifik untuk produk anda.

  • Adakan Kontes

Untuk menambah engagement di Instagram bisnis anda, anda dapat mengadakan kontes di Instagram untuk followers anda. Kontes ini dapat berbentuk bermacam-macam, seperti giveaway, menjawab sebuah pertanyaan ataupun membuat ulang foto atau video yang pernah anda unggah.

Selain menambah engagement, kontes dapat membantu anda memperkenalkan bisnis anda pada pengguna Instagram yang belum mengetahui bisnis anda ataupun sebagai media untuk membuat pengguna Instagram menegatahui tentang produk anda.

  • Tambahkan Call To Action (CTA)

Calls to action atau yang disingkat CTA adalah kalimat ajakan pada foto atau caption Instagram anda untuk  memberi tahu followers anda apa yang anda ingin mereka lakukan. Seperti untuk klik link di bio Instagram anda, membaca artikel pada caption di bawah ataupun untuk memesan produk anda.

Dalam bisnis di Instagram, CTA sangat penting untuk disematkan dalam konten Instagram karena, pertama CTA dapat membantu dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa anda. CTA menolong followers untuk memberi tahu apa yang mereka harus lakukan kedepannya. Apakah kita mau followers melihat blog atau youtube pada bio kita, membeli produk ataupun melihat produk terbaru yang sudah tersedia di website.

Kedua, CTA menghubungkan iklan dengan keputusan yang akan dilakukan followers setelah melihat iklan dan berminat pada brand anda. Setelah membaca copywriting pada brand anda, followers berminat pada brand anda dan mencari CTA apa yang harus dilakukan setelahnya. Menghapus CTA membuat followers bingung apa yang mereka harus lakukan setelah membaca iklan, apakah bisa membeli produk di Instagram bisnis anda secara langsung ataukah harus melalui websitenya.

Terakhir, CTA berfungsi untuk meningkatkan daya minat pada digital advertising anda di Instagram. CTA menjadi kekuatan untuk followers untuk memutuskan apa yang harus dilakukannya nanti, tanpa CTA iklan pun menjadi hambar dan followers mungkin tidak mengerti tentang iklan anda.

  • Bekerja Sama Dengan Influencers

Influencers mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi audiencenya, dalam daya beli maupun perilaku. Namun, tidak semua orang dengan followers banyak dapat menjadi influencer. Hanya mereka yang mempunyai pengaruh besar untuk sebuah kelompok audience lah yang dapat kita sebut influencer.

Kini, banyak brand dan bisnis menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan dan bertujuan meningkatkan penjualan produknya. Bentuknya pun bermacam-macam mulai dari endorsement atau membayarkan sejumlah uang kepada influencers yang berkenan untuk mempromosikan produk dari bisnis anda ataupun menjadi brand ambassador dari bisnis anda.

Namun, tidak semua influencer mempunyai audience yang sama. Sebaiknya pelajari dulu siapakah audiencenya, bagaimana  engagementnya, apakah dia sedang menjadi brand ambassador produk serupa agar tidak salah memilih influencer.

Sebaiknya anda mencari influencer yang mempunyai audience yang sesuai dengan produk anda dengan engagement yang baik serta mempunyai image yang positif, sehingga dapat tepat sasaran saat anda menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan penjualan. Produk yang umumnya cocok menggunakan influencer adalah produk-produk fashion dan lifestyle, seperti gadget, pakaian, jam tangan, perhiasan, kosmetik, dll.

Banyak brand menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan penjualan atau sebagai brand ambassador mereka.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang 7 kiat agar sukses berbisnis di Instagram, bagaimana? Apakah sudah pernah ada yang berhasil dari 7 kiat ini?

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan “

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.