Beberapa Komplikasi Diabetes Tipe 1

Assalamu’alaikum.wr.wb

Beberapa Komplikasi Diabetes Tipe 1
Source Image : Pixabay.com

Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi kembali seputar informasi kesehatan yaitu tentang beberapa komplikasi diabetes tipe 1.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Kebiasaan hidup yang tidak sehat membuat penyakit yang satu ini banyak diderita oleh orang Indonesia

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berasal dari kadar gula yang berlebih dalam darah kita. Dari kadar gula yang berlebih tersebut, tubuh akan merasakan banyak sekali perubahan hingga akhirnya kesehatan tubuh kita melemah.

Tak jarang pula diabetes membawa komplikasi yang membuat langkah mengobati luka pasien diabetes jadi semakin sulit. Terutama pada diabetes tipe 1, salah satu tipe diabetes yang bisa mengancam anak muda.

  • Hipoglikemia

Selama ini, diabetes dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh kadar gula berlebih dalam darah kita. Penyakit ini biasanya terjadi karena pasokan hormon insulin yang terganggu hingga singkatnya membuat kadar gula dalam darah jadi meningkat. Tapi, salah satu komplikasi yang dialami oleh penderita diabetes tipe 1 adalah hipoglikemia atau kekurangan kadar gula dalam darah.

Hipoglikemia bisa menjadi salah satu komplikasi penderita diabetes tipe 1 karena suntikan insulin yang diberikan secara berlebihan. Kadar insulin yang berlebih bisa menghambat penyerapan gula dalam darah hingga akhirnya kadar gula dalam darah pun menjadi kurang. Selain itu, komplikasi ini juga bisa terjadi karena kurangnya asupan karbohidrat atau aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan.

  • Hiperglikemia

Kadar gula yang tidak normal merupakan penyebab utama seseorang bisa menderita diabetes. Hal ini bisa terjadi karena produksi insulin yang tidak normal serta konsumsi gula yang terlalu berlebihan setiap harinya. Selain itu, komplikasi diabetes juga bisa terjadi seperti hiperglikemia.

Hiperglikemia merupakan komplikasi yang terjadi karena kadar gula yang terlalu tinggi di dalam pembuluh darah. Selain itu, komplikasi ini juga terjadi karena porsi makan yang terlalu banyak sehari-hari. Kebiasaan tersebut akan membuat insulin kewalahan dalam memproses karbohidrat menjadi tenaga dan menyisakan gula yang membuat kadar gula dalam darah jadi terlalu tinggi. KOndisi ini perlu segera ditangani agar tubuh bisa tetap mengolah karbohidrat, bukan lemak sebagai sumber energi utama.

Itulah 2 komplikasi yang bisa terjadi kepada para penderita diabetes tipe 1. Untuk mengatasi berbagai komplikasi diabetes, siapkan selalu obat-obatan yang dibutuhkan dirumah. Seperti obat luka yang tidak lengket di kasa goapotik. Semoga bermanfaat.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Beberapa Komplikasi Diabetes Tipe 1. Semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang mencari informasi kesehatan ini.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!