Cara Kerja Salah Satu Obat Hidung Mampet

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Kerja Salah Satu Obat Hidung Mampet
Source Image : Pixabay.com

Selamat sore sobat Onwap Blog’s, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi seputar tips kesehatan yaitu tentang cara kerja salah satu obat hidung mampet. Semoga nantinya dapat bermanfaat untuk kalian informasi ini.

Pada umumnya anak-anak dan orang dewasa pasti pernah mengalami hidung tersumbat atau ingusan bahkan hidung mampet. Kondisi tersebut merupakan gejala pilek, flu, sinusitis, atau alergi. Pilek biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan bagian atas. Saat infeksi terjadi sistem imun akan berusaha untuk melawan, hal inilah yang menimbulkan gejala hidung tersumbat.

Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dekongestan. Dekongestan salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk meredakan hidung mampet yang umumnya obat ini berbentuk tablet, syrup atau obat semprot.

Namun, sebelum menggunakan obat ini perlu mengetahui manfaat, serta cara kerja dan dosis penggunannya. Berikut spesifikasi dari cara kerja dekongestan untuk mengatasi hidung mampet.

Dekongestan bekerja dengan cara mengerutkan pembuluh darah pada saluran nafas, dengan begitu peradangan pada saluran nafas akan berkurang sehingga memudahkan untuk bernafas. Obat Antialergi dan Dekongestan pada umumnya dikombinasikan agar dapat mengatasi dan melegakan saluran nafas serta mengatasi sumber masalah yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

Apabila kedua obat tersebut tidak dikombinasikan maka hanya dapat melegakan saluran nafas, namun tidak dapat mengatasi sumber  masalah hidung mampet. Obat jenis pereda hidung tersumbat bekerja mempengaruhi reseptor alpha dan beta andrenergeik di dalam mukosa saluran pernafasan. Selanjutnya terjadi vasokonstriksi atau mengerutnya pembuluh darah pada saluran nafas yang kemudian dapat mengurangi peradangan.

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya alergi. Alergi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang terhadap sesuatu benda yang dianggap asing. Biasanya benda tersebut bersentuhan dengan tubuh secara langsung dan bahkan benda yang tidak berbahaya. Pemicu alergi hanya akan berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut.

Beberapa jenis yang dapat menyebabkan reaksi alergi yaitu alergi bulu hewan, debu, gigitan serangga, serbuk sari, makanan tertentu, serta alergi terhadap obat-obatan. Gangguan alergi ini biasanya berindikasi pada obat-obatan seperti Domperidone. Obat ini merupakan jenis obat antiemetik yang berfungsi untuk mengobati rasa mual dan muntah yang dikarenakan oleh sebab tertentu.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Cara Kerja Salah Satu Obat Hidung Mampet . Semoga sedikit informasi kesehatan diatas dapat bermanfaat untuk kalian.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!