Cara Kulak Barang Dagangan Dari Marketplace Seperti Shopee Tokopedia Bukalapak Dll

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Kulak Barang Dagangan Dari Marketplace
source image : google.com

Selamat sore sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi tips dan trik bisnis online yaitu cara kulak barang dagangan dari marketplace seperti shopee tokopedia bukalapak dll

Saya tidak bermaksud menggurui, namun hanya berbagi tips dan trik yang sudah pernah saya lakukan dan menurut saya cukup bagus dan layak dibagikan untuk kalian yang ingin merintis bisnis online berjualan barang dari marketplace.

Selain nanti akan share bagaimana cara kulak barang dari shopee, tokopedia bukalapak dll, saya juga akan berbagi bagaimana cara menghitung HPP per item ditambah ongkos kirim.

Sebelum mulai kulak barang dari marketplace, kalian harus terlebih tahu :

  • Barang yang dibutuhkan oleh calon konsumen di daerah kalian

Untuk hal ini, kalian terlebih tahu kira-kira barang apa yang prospek dijual di daerah kalian. Sebagai gambaran mudahnya, ketika musim layangan, maka jual layangan cukup prospek karena sedang banyak dibutuhkan.

Untuk item turunannya selain layangan, bisa berupa kertas layangan, benang layangan dan barang lainnya yang berhubungan dengan layangan.

Jangan sampai kalian mau kulak barang tapi tidak tahu pasar yang bagus di daerah kalian. Sama saja buang-buang uang buat kulak. he he…

Disini kemampuan riset produk yang kemungkinan lalu cukup dibutuhkan, jadi silahkan diolah sendiri karena kalian yang lebih tahu medannya dan tiap orang serta daerah beda-beda, pintar-pintar kalian saja mencari kategori produknya.

  • Harga Jual Masih Masuk

Setelah menemukan produk yang cocok dijual di daerah kalian, langkah selanjutnya adalah cek harga apakah masih masuk atau tidak. Minimal HPP produk yang akan kalian jual masih worth it.

Kalau saya pathokannya untung minimal 50%-100%. Jadi misal nantinya hanya jual separuh, sudah bisa balik modal.

Kalau untuk riset harganya sendiri, biasanya saya pakai Facebook Marketplace. Saya cari dengan ketik keyword nama produknya, disitu saya lihat-lihat harganya apakah masih memungkinkan atau tidak.

Misal harga kulak di marketplace seperti shopee tokopedia bukalapak dll 5rb, dan di marketplace facebook masih 15rb-25rb, brarti masih masuk untuk di ambil barangnya.

Tapi kalau harga jual sudah menyentuh angka 15rb kebawah di daerah kalian, saya sarankan untuk cari produk lainnya. Tapi jika kalian yakin bisa cepet lakunya coba saja, karena kalau untungnya tipis perputaran barang harus cepat.

  • Kalian Yakin bisa menjual barang tersebut dan take action

Ini yang paling penting, ketika sudah tahu produknya apa dan harga jual serta keuntungannya berapa sudah tahu, hal paling penting adalah kalian yakin bisa menjualnya.

Percuma jika kalian sudah tahu produk prospek dan harga jual masuk jika kalian tidak yakin bisa take action.  Karena yang paling penting yakin dan berani action

Berapa Modal Yang Pas Untuk Bisa Kulak Barang Dari Marketplace

Kalau untuk modalnya sendiri tergantung jenis barang yang kalian ingin jual, 100rb an pun sudah bisa.

Namun untuk amannya, kalian siapkan modal serep 3 – 5 kali dari modal awal yang dikeluarkan. Misal kalian coba kulak barang dengan total 100rb, maka kalian paling tidak punya uang jaga-jaga alias serep istilahnya antara 300rb-500rb.

Namun jika kalian hanya punya pas-pas an, ya kalian harus kenceng gimana tetap bisa mutar uangnya. Tapi saran saya tetap sisakan uang sebagai serepnya

Cara Kulak Barang Dagangan Dari Marketplace

Cara ini bisa diterapkan di hampir semua marketplace karena metodenya sama, namun saya akan mencontohkan melalui shopee karena saya lebih sering ambil barang dari situ dengan alasan :

1. Harganya Murah ( Kalau Jeli )
2. Ada Fitur Gratis Ongkir
3. Ada review Foto dibawah barang yang ditawarkan untuk riset produk itu bagus atau tidak.

Berikut adalah step by step cara kulak barang dari marketplace shopee :

  • Mencari Produk

Hal pertama adalah mencari produk, silahkan manfaatkan fitur pencarian untuk mencari produk, carilah produk dengan harga paling murah namun memiliki bintang bagus dan berstatus ” STAR SELLER

Advertisement

  • Memilih Produk

Setelah menemukan harga yang cocok, silahkan klik produknya, dan lihat bagaimana reviewnya. Scroll kebawah, dan lihat di kolom komentar, pilih ” foto” agar lebih yakin bahwa produk tersebut memang bagus dari review yanh pernah beli di seller tersebut.

Kalau saya sendiri,  misal ada dua toko dengan harga beda tipis, saya memilih yang reviewnya paling bagus.

Misal Toko A harga Rp. 5000 dengan review agak kurang meyakinkan, sedangkan di Toko B harga Rp. 6000/Rp. 7000 dengan review lebih meyakinkan, saya pilih Toko B.

Acuannya saya cukup simple, harga selisih dikit asalkan dapat barang bagus tidak masalah daripada dapat harga lebih murah kualitas enggak begitu bagus.

  • Menghitung HPP

Jika produk sudah dapat dan yakin, selanjutnya adalah menghitung HPP produk. Matematikanya cukup sederhana :

Misal produk tersebut harganya Rp. 6000 dan sekilo ( 1kg ) muat 12 produk, untuk ongkirnya Rp. 20.000. Maka penghitungannya :

12 x Rp. 6.000 = Rp. 72.000 + Rp. 20.000 ( Ongkir ) = Rp. 92.000 ( Total Belanja )
Untuk menghitung HPP produknya sendiri cukup mudah yaitu :

Total Belanja : Jumlah Produk = HPP
Dengan studi kasus seperti diatas, maka pemghitungannya sebagai berikut :
Rp. 92.000 : 12pcs = Rp. 7.660 ( Harga Pokok Produk )

Jika di daerah kalian harga jual misal masih Rp. 20.000 per item, dengan HPP tersebut masih worth it karena masih untung +- 12rb per item nya.

Kalau lebih mudanya menghitung hpp, kaliam masukkan seluruh belanjaan ke keranjang belanja, kemudia klik ceckout, disitu nanti kalian seting ongkir dll tapi jangan langsung klik ” BAYAR “

Kalian lihat nominal total belanja, kemudian dibagi jumlah produknya, jika worth it hitungannya bisa langsung kulak, jika tidak maka silahkan cari produk lainnya atau seller lainnya yang ongkirnya masih masuk.

Untuk menjual produk yang sudah kalian kulak bisa dengan berbagai metode seperti :

– Jual lewat marketplace facebook
– Jual lewat fanspage ( FB Ads )
– Jual lewat Instagram
– Jual Offline seperti di pasar, pinggir jalan atau keliling
– Jual lewat reseller ( kalian mencari reseller )

Sedikit saran dari saya :

– Pintar-pintarlah cari produk yang prospek
– Jangan lupa selalu video unboxing paket, jika ada masalah misal jumlah kurang atau warna tidak sesuai kalian bisa menang komplainnya dan barang bisa dikembalikan. Untuk prosesnya bisa cek di artikel saya sebelumnya tentang
– Sering-seringlah cari kupon gratis ongkir di shopee ( seminggu maximal hanya bisa gunakan 2 kupon menurut pengalaman saya )
– Untuk langkah awal jangan ambil banyak, ambil sedikit dulu, jika produk bagus sesuai review baru ambil banyak
– Sering-seringlah komunikasi dengan seller tempat kalian kulakan
– Rajin dan Tekun
– Perbaiki ibadah dan perbanyak sodaqoh, insyaAllah lancar rejekinya

Itulah tadi beberapa tips dan trik seputar konsep bisnis kulak barang dari marketplace seperti tokopedia, shopee maupun bukalapak untuk dijual kembali lewat facebook atau instagram.

Jika suatu saat ada yang ikut sukses berbekal tips dan trik dari artikel saya ini, saya akan ikut bahagia. Tidak akan minta apa-apa, hanya saja jika ingin membalas doakan yang baik-baik semoga saya enteng rejeki, enteng jodoh dan diberikan kesehatan selalu.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Cara Kulak Barang Dagangan Dari Marketplace Seperti Shopee Tokopedia Bulalapak Dll. Semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang mencari referensi artikel tips dan trik bisnis online ini.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.