Cara Menghilangkan Noda Kunyit Di Baju Berwarna Maupun Putih

Assalamu’alaikum.wr.wb

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Berwarna Maupun Putih
Source Image : Pixabay.com

Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi tips dan trik yaitu tentang cara menghilangkan noda kunyit di baju berwarna maupun putih.

Pernah nggak sih ada noda kunyit yang nyiprat ke baju kalian? Padahal noda kunyit adalah salah satu noda susah banget diilangin loh. Nah, terus gimana dong? Tenang, kalian bisa menemukan cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan membaca artikel ini. Jadi Yuk scroll ke bawah!

Cara menghilangkan noda kunyit yang menempel di baju

Sebel banget kan pasti kalau pas lagi makan atau masak tiba-tiba baju kena cipratan kunyit. Apalagi kalau sudah terlanjur kering di baju nodanya jadi susah banget hilanganya.

Udah jangan galau lagi, baju kamu bisa diselamatkan kok. Caranya, bisa dengan mengikuti tips dan cara menghilangkan noda kunyit di bawah ini:

  1. Langsung bersihkan, jangan ditunda

Saat baju kamu terkena cipratan kunyit, jangan langsung panik ya. Daripada kamu panik dan kesel, lebih baik segera bersihkan cepat-cepat sebelum si noda kering.

Karena kalau sudah kering, nodanya bakal makin susah dan akan menempel permanen di baju. Terus pas ngebersihinnya, jangan gusra-grusu alias harus berhati-hati biar si noda tidak melebar kemana-mana.

Tipsnya, kamu bisa menggunakan sendok untuk menghilangkan  gumpalan atau cipratan kunyit yang menempel di baju kamu tadi. Inget ya, harus pelan dan hati-hati.

  1. Bersihkan dengan menggunakan cairan anti noda

Setelah gumpalan dibersihkan, cara selanjutnya adalah membersihkan dengan menggunakan cairan anti noda. Kamu bebas kok menggunakan merk pembersih noda apa saja yang biasa kamu gunakan.

Cara membersihkannya cukup direndam selama kurang lebih 30 menit lalu dicuci dan dibilas hingga bersih. Biar hasilnya maksimal, kamu bisa membersihkan pakai mesin cuci.

Selain cairan anti noda, gliserin juga bisa loh ngilangin noda kunyit yang nempel di baju kamu. Cara penggunaannya cukup campurkan gliserin dengan air lalu oleskan ke bagian yang bernoda, cuci lalu bilas dengan air hangat.

Advertisement
  1. Bersihkan menggunakan lemon

Selain cairan anti noda, kamu juga dapat menggunakan air lemon untuk membersihkan noda kunyit di celana maupun baju. Caranya cukup memotong buah lemon menjadi dua bagian lalu diperas airnya tepat di atas noda.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih satu setengah jam hingga air lemon meresap ke bagian noda. Setelah itu baru cuci seperti biasanya dan bilas hingga bersih. Tak hanya dijadikan sebagai cara membersihkan noda baju kunyit, air lemon juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda lainnya loh.

  1. Menggunakan baking soda

Selain perasan air lemon, kamu juga dapat menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan noda kunyit. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan baking soda ke bagian yang bernoda dan dibiarkan semalaman.

Paginya dapat kamu cuci seperti biasa lalu dibilas dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk jenis baking sodanya jangan memilih yang ada kandungan garamnya ya.

  1. Jemur di bawah terik sinar matahari

Setelah dicuci, segera keringkan baju kamu dibawah sinar matahari ya. Jika jenis pakaian kamu adalah berwarna sebaiknya jemur dalam kondisi terbalik ya.

  1. Gunakan hidrogen peroksida

Terakhir, gunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan noda kunyit yang terlanjur menempel di baju putih kamu. Cara penggunaannya cukup dengan mencampur sedikitnya 20% cairan hidrogen peroksida dengan air (perbandingan 1:9).

Setelah semua bahan yang kamu buat sudah tercampur rata, tuang kedalam botol spray lalu semprotkan ke baju yang bernoda. Tunggu selama kurang lebih empat jam lalu cuci hingga bersih dan keringkan.

Nah, gimana mudah banget kan caranya. Jangan lupa catet tipsnya biar nggak lupa kalau pas dibersihkan. Oh iya, Jika kalian ada cara menghilangkan noda kunyit di baju versi lain silakan share di kolom komentar ya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.