Mengenal Desain Rack Server Sesuai dengan Kebutuhan

Assalamu’alaikum.wr.wb

Mengenal Desain Rack Server Sesuai dengan Kebutuhan

Selamat malam sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi informasi teknologi yaitu tentang mengenal desain rack server sesuai dengan kebutuhan.

Pada sebuah perusahaan tentu menginginkan penataan servernya bersih dan rapi. Maka dari itu dibutuhkan rack server untuk mengatasinya. Selain membuat penataan server menjadi lebih rapi, adanya rack server juga memudahkan Anda untuk melakukan maintenance atau pengembangan di suatu hari. 

Jika sistem server berantakan, tentu sangat tidak nyaman serta kesulitan apabila server jaringan Anda berantakan baik kabel, router atau lainnya. Rack server sendiri merupakan rack yang dirancang khusus sebagai penempatan server yang dipakai untuk kelancaran jaringan. 

Macam-Macam Desain Rack Server Sesuai Kebutuhan

Terdapat beberapa desain rack server yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dengan harga rack server yang bermacam-macam.

  • Closed Rack

Closed rack merupakan tipe rack server berdesain tertutup. Rack dilengkapi dengan pintu kaca yang berbahan galvanis kuat dan kaku serta ventilasi double roof fan. Desain closed rack ini dapat menahan beban server hingga mencapai 50 kg, sehingga menjadikan tipe rack ini kuat dan aman. Harga rack server ini baik yang harga rack server 42U atau lainnya sekitar 7 juta hingga 9 jutaan. 

  • Open Rack

Open rack kebalikan dengan closed rack. Tipe rack ini sangat sederhana sehingga harga rack server ini lebih terjangkau. Tipe rack ini memungkinkan Anda untuk menempatkan segala macam peralatan jaringan lebih tertata serta sederhana. Sangat cocok dipilih oleh perusahaan kecil yang ingin melakukan penyimpanan data penting milik perusahaan. 

  • Wallmount rack

Rack server selanjutnya adalah tipe wallmount rack yang umumnya mempunyai 1 pintu atau 2 pintu. Tipe rack ini mampu menyimpan berbagai macam peralatan networking mulai dari switch, HUB, modem dan perangkat server lainnya. Namun desain dan modelnya cukup sederhana.

Pemilihan desain rack server 42U maupunrack server lainnya ini perlu Anda sesuaikan dengan penggunaannya. Apabila Anda akan memiliki akses yang lebih sering ke server, maka memilih rack server terbuka merupakan pilihan tepat dibandingkan kabinet. Termasuk juga dimensi dan spesifikasi perangkat yang akan dimasukkan harus Anda pertimbangkan dengan baik.

Pada sebuah rack server 42U atau rack server lainnya, komponen penting yang harus Anda perhatikan adalah cooling systemnya. Komponen ini memiliki kegunaan sebagai pendingin. Hal ini tentu saja mengingat adanya berbagai perangkat aktif seperti router modem, server, wifi dan lain-lain yang akan disimpan pada rack server. 

Harga rack server juga bervariasi baik harga rack server 42U ataupun lainnya. Masing-masing tipe rack server ini juga mempunyai fungsi cooling yang berbeda sesuai perangkat aktifnya. Jika suhu semakin dingin maka perangkatnya juga akan semakin efisien. Maka dari itu, penting untuk menghitung lebih dulu berapakah total ampere yang Anda gunakan pada rack server.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Mengenal Desain Rack Server Sesuai dengan Kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan informasi ini.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Tolong Berikan Saran Dan Masukannya Ya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.