Tips Interview Kerja: 5 Cara untuk Meningkatkan Performa Diri Sendiri

Assalamu’alaikum.wr.wb

Tips Interview Kerja: 5 Cara untuk Meningkatkan Performa Diri Sendiri
Source Image : Pixabay

Selamat malam sobat Onwap Blog’s, pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi tentang Tips Interview Kerja: 5 Cara untuk Meningkatkan Performa Diri Sendiri.

Menyiapkan diri untuk interview kerja butuh lebih dari sekedar persiapan teknis. Anda harus membuat kesan pertama yang baik dari segi penampilan, memiliki pengetahuan yang baik tentang perusahaan target Anda dan produknya, dan tentu saja, tahu persis bagaimana menyampaikan bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Umumnya, interview kerja tidak jauh dari metode tradisional dan sederhana. Maksudnya, Anda duduk di kursi dan menjawab berbagai pertanyaan dari wakil perusahaan.

Sayangnya, metode tradisional itu sering membuat wakil perusahaan lupa pada Anda. Alasannya, karena Anda bukan satu-satunya orang yang diwawancara. Padahal, Anda ingin diingat, dalam arti positif, oleh wakil perusahaan.

Karena itu, cobalah baca sejumlah trik sederhana di bawah ini agar interview kerja Anda menghasilkan hubungan yang positif:

1. Lakukan Riset Mengenai Perusahaan

Cobalah lakukan riset tentang perusahaan. Dengan modal riset tadi, Anda akan cukup percaya diri berbicara tentang sejumlah inisiatif bagi perusahaan, dan bagaimana kontribusi Anda di dalamnya. 

Dengan riset yang detail dan obrolan tentang inisiatif, maka Anda akan membuat kesan abadi di benak tim perekrutan. Tindakan tersebut menunjukkan bagaimana antusiasme Anda pada perusahaan. Pada akhirnya, tim rekrutmen akan menilai bahwa Anda menyukai pekerjaan di perusahaan mereka.

2. Gunakan pakaian yang luar biasa

Satu hal yang pasti, pakaian yang bagus menghasilkan peningkatan kepercayaan diri. Apa yang Anda kenakan mempengaruhi kesan pertama dan persepsi kompetensi Anda. Manfaatkan potensi pakaian ini semaksimal mungkin.

Pastikan sehari sebelumnya, Anda sudah memilih apa yang ingin dikenakan saat interview kerja. Pastikan bahwa semua yang pakaian Anda perlukan untuk pakaian wawancara sudah bersih, bebas kerutan, warna tidak luntur, dan pas.

3. Hadapi dan Ajukan Pertanyaan yang Baik

Salah satu cara terbaik untuk menonjol saat wawancara adalah mengajukan pertanyaan. Ketika Anda ditanya apakah Anda memiliki pertanyaan, selalu siapkan pertanyaan yang bijaksana. Sebagai contoh, Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang budaya perusahaan, pengembangan profesional, dan tim yang akan bekerja dengan Anda.

Hindari menanyakan hal-hal seperti gaji atau tunjangan secara spesifik sampai proses selanjutnya. Dengan begitu, tim rekrutmen dapat mengartikan Anda ke sana tidak hanya untuk gaji tapi untuk sesuatu yang lebih esensial.

Sebaliknya, Anda juga perlu menyiapkan sejumlah jawaban menarik, lincah, dan tepat saat menjawab berbagai pertanyaan tim rekrutmen. Kabar baiknya, ada banyak sekali pertanyaan interview kerja yang bisa Anda akses di https://blog.skillacademy.com/pertanyaan-interview-kerja-dan-cara-menjawabnya.

4. Siapkan Sejumlah Rencana

Berbagai pertanyaan itu akan membantu Anda menemukan jawaban yang tepat dan sesuai dengan karakter perusahaan.

Karenanya, pada wawancara tatap muka, buatlah wakil perusahaan terpesona dengan rencana inisiatif dan kontribusi Anda. Pastikan dengan modal pertanyaan di atas dan hasil riset soal perusahaan, Anda sudah memulai rencana awal yang mengesankan.

5. Membangun Hubungan Antar Manusia

Pewawancara dan tim rekrutmen Anda juga manusia! Mereka mencari manusia untuk menjadi anggota baru dalam sebuah kerangka kerja sama.

Oleh karenanya, pastikan kepribadian Anda bukan jenis yang negatif. Seseorang bisa mendeteksi kepribadian Anda negatif dengan berbagai cara, seperti kejujuran, kemampuan kontrol emosi, pilihan kata, gerak tubuh, pakaian, dan lain sebagainya.

Praktik paling umum melihat seberapa baik kepribadian seseorang dan bagaimana proyeksi membangun hubungan dengan tim rekrutmen ada pada sesi menceritakan diri sendiri.

Saat menceritakan tentang diri Anda, cobalah untuk jujur, tidak berbelit-belit, dan santai. Ceritakan pengalaman profesional Anda dan juga sedikit kehidupan pribadi.

Dengan begitu, tim rekrutmen dapat menilai seberapa baik Anda bisa masuk ke dalam kultur perusahaan.

Dengan mempraktekkan 5 trik interview kerja di atas, Anda bisa meninggalkan kesan positif ke tim rekrutmen. Setidaknya, Anda tidak akan gugur dalam waktu cepat. Jika pun gagal, Anda tahu bahwa kegagalan itu bukan karena kemampuan profesional Anda saja. Sebab, bagaimanapun juga interview kerja tidak hanya menilai kemampuan profesional semata. Ada banyak aspek non-profesional yang dinilai sebuah tim rekrutmen agar Anda bisa diterima kerja.

Demikianlah yang bisa saya bagikan tentang Tips Interview Kerja: 5 Cara untuk Meningkatkan Performa Diri Sendiri. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca setia blog ini.

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ” .

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
Gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!