Tips Dan Trik Menjadi Kontributor Berita Handal!

Assalamu’alaikum.wr.wb

Tips dan Trik Menjadi Kontributor Situs Berita Babe Dan Uc News
Tips dan Trik Menjadi Kontributor Situs Berita Babe Dan Uc News

Tips Dan Trik Menjadi Kontributor Berita Handal! – Selamat sore sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi seputar teknik menulis di situs berita seperti Uc News, Babe dan situs sejenis lainnya. Tulisan ini ditujukan untuk kalian yang ingin berkontribusi menulis sekaligus menjadi wartawan media online.

Sebelum melanjutkan, silahkan simak artikel saya sebelumnya tentang Menulis Di Blog Sendiri Atau Menjadi Kontributor Situs Besar? Menguntungkan Mana? Apabila sudah paham, berikut adalah dua situs yang saya rekomendasikan dari sekian banyak yang ada di internet :

Teknik ini merupakan beberapa hal dasar menjadi seorang kontributor berita, bisa juga diterapkan dalam blog berita jika kalian memilikinya. Jadi cakupannya sangat luas asalkan itu masih berhubungan dengan menulis artikel ya? Ini merupakan artikel referensi, untuk eksekusinya nanti kreatifitas kalian yang akan menentukan hasil dan mendapatkan banyak views. Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan :

  1. Peka Terhadap Informasi
    Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah sebagai seorang kontributor berita, kalian harus peka terhadap informasi sekitar. Kalian harus tahu info apa saja yang ada disekitar kalian agar dapat mengolahnya menjadi sebuah berita yang lengkap dan akurat disertai dengan data yang akurat. Informasi sendiri bisa didapat dari :
    – Lingkungan Sekitar
    – Televisi
    – Youtube
    – Social Media ( Instagram, Facebook dll )
    – Media Online Besar
  2. Menyampaikan Sesuai Data dan Fakta
    Jika kalian menulis sesuatu tidak berdasarkan data dan fakta, maka bisa dipastikan tulisan kalian nantinya menjadi berita hoax. Hati-hati dan perhatikan hal ini. Ketika mulai membuat sebuah berita, kumpulkan data dan fakta dari sumber yang akurat, kemudian kembangkan menjadi sebuah artikel yang lengkap serta kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Kecuali kalian menulis cerpen, puisi dan sejenisnya.
  3. Memilih Kategori Yang Tepat
    Hal ketiga adalah kalian harus memilih kategori artikel yang tepat serta sesuai dengan apa yang kalian minati. Alasannya simple, jika kalian menulis apa yang disukai, maka kalian akan lebih mudah menemukan data serta fakta dan akhirnya lebih cepat mengembangkannya menjadi sebuah artikel berita. Contohnya, jika kalian hobi tentang badminton maka saran saya adalah fokus pada pembahasan hal-hal yang berhubungan dengan badminton. Hal itu agar sesuai dengan hobi kalian yang lebih dimengerti seluk beluknya, sehingga lebih mudah mencari bahan berita nantinya
  4. Membuat Judul Yang Menarik
    Judul yang menarik akan berimbas pada jumlah viewer artikel kalian nantinya. Untuk tekniknya sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya tentang Bagaimana Teknik Menulis Judul Artikel Yang Baik? Walaupun itu untuk blog, namun pada konsepnya ada beberapa point yang bisa kalian terapkan ketika menjadi kontributor situs berita
  5. Isi Artikel
    Yang selanjutnya adalah isi artikel harus informatif dan memiliki beberapa elemen penting seperti gambar terkait dengan isi artikel. Selain itu, sedikit tips dari saya adalah ketika menulis paragraf awal sudah mendiskripsikan hampir kesuluruhan artikel. Kemudian paragraf selanjutnya adalah menjelaskan mengenai apa yang kalian tulis. Jangan lupa, ketika memasukkan gambar sertakan sumber tempat kalian mengambil gambar, apabila gambar berasal dari koleksi pribadi maka tulis saja ” Dok. Pribadi “.
  6. Thumbnail Yang Menarik
    Di situs Babe dan Uc News tersedia sebuah fitur thumbnail artikel yang berfungsi agar pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel kalian. Untuk penjelasannya sudah saya jelaskan di artikel [ Panduan Dasar Blog ] Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Keperluan Optimasi SEO. Meskipun itu untuk blog, namun ada beberapa point yang bisa diterapkan ketika kalian menjadi seorang kontributor berita.
  7. Hindari Topik Sensitif
    Tidak disarankan untuk menulis artikel berita yang berhubungan dengan isu SARA, HOAX maupun berita yang mengada-ada. Selain tidak baik, resiko banned akun kalian sangatlah tinggi. Silahkan kalian pahami point ini di tulisan saya sebelumnya tentang Pengen Jadi Penulis Sejati Dan Bermanfaat? Hindari 3 Topik Artikel Berikut Ini!

Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari serta praktek? Sebagai tambahan, berikut adalah artikel saya yang membahas tentang Tips dan Trik Agar Artikel Yang Disubmit Kontributor Disetujui Oleh Moderator. Itu semua dapat kalian terapkan di BABE, UC NEWS WE MEDIA maupun situs yang membuka lowongan orang berkontribusi di situsnya.

Demikianlah yang dapat saya tulis tentang Tips Dan Trik Menjadi Kontributor Berita Handal! Semoga bermanfaat untuk kalian yang tengah kebingungan mencari referensi bagaimana teknik menjadi seorang penulis berita.

Untuk pertanyaan, kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat alangkah senang rasanya jika kalian mau subscribe dan share artikel di blog ini.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

 

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

2 thoughts on “Tips Dan Trik Menjadi Kontributor Berita Handal!”

    1. lumayan….
      buktinya bisa tetap page one….
      yang ane tahu, .com, .net dan sejenisnya lebih familiar dan bagus untuk branding….
      namun untuk seo sama saja menurut ane gan…
      🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!