4 Tips Jitu Membuat Suasana Kantor Terasa Produktif dan On Budget!

Assalamu’alaikum.wr.wb

4 Tips Jitu Membuat Suasana Kantor Terasa Produktif dan On Budget!
Source Image : Pixabay.com

Selamat sore sobat Onwap Blog’s, di artikel kali ini saya ingin berbagi tentang 4 Tips Jitu Membuat Suasana Kantor Terasa Produktif Dan On Budget.

Desain ruang kantor menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi produktivitas karyawan, tapi di sisi lain juga merupakan salah satu komponen cost terbesar bagi para pebisnis. Maunya sih terlihat modern, cozy, dan nyaman seperti kantor-kantor di gedung perkantoran di area SCBD Kuningan, tapi biayanya bisa selangit!

Coba bayangkan saja jika ruang kantormu terasa sumpek dan berantakan, pasti produktivitas karyawan akan menurun. Mereka akan cenderung malas dan cenderung memilih untuk bekerja di luar kantor.

Beberapa studi bahkan membuktikan bahwa kinerja karyawan yang menurun bukan hanya dikarenakan pekerjaan yang menumpuk, melainkan dikarenakan lingkungan kantor yang kurang mendukung.

Nah, sebagai seorang pemimpin dan pengendali di kantor, Anda harus mampu mempertahankan tingkat produktivitas karyawan. Jangan sampai karena ruang kantor tak layak membuat mereka jadi ogah-ogahan dalam bekerja. Padahal, untuk mendapatkan desain ruang kantor yang ‘WOW’ dan hemat budget itu tidak mustahil, loh.

Kali ini, kami akan membahas sedikit mengenai beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kantor menjadi lebih produktif namun tetap on budget. Daripada penasaran, yuk, langsung simak saja ulasannya berikut ini!

  • Beli Furniture Kantor di Lebih Dari Satu Vendor

Jika Anda berencana untuk membeli alat-alat kantor dalam jumlah yang cukup besar, maka disarankan untuk membelinya dari produsen yang berbeda. Membeli furnitur lengkap dari satu produsen bisa jadi lebih mahal ketimbang membelinya dari vendor yang berbeda.

Kebanyakan dari pembeli, mereka akan membeli peralatan kantor dari satu vendor untuk mencocokan warna dan gaya peralatan yang mereka beli sebelumnya. Padahal, jika Anda membelinya dari vendor berbeda kemungkinan besar Anda masih bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga yang lebih mudah.

Tips untuk Anda yang sedang berencana membeli alat kantor dengan vendor yang berbeda, mungkin Anda bisa mencari warna-warna yang senada atau warna netral. Sehingga, hal tersebut tidak akan mengurangi estetika dari interior kantor Anda.

  • Desain Ruang Meeting Klien yang Simpel nan Rapi

Banyak perusahaan yang mendesain ruangan meeting ala kadarnya dengan meletakkan meja, kursi, dan proyektor saja. Tahukah Anda, salah satu cara untuk membuat klien terkesan akan bisnis Anda adalah cara Anda mendesain ruang meeting khusus untuk klien.

Dilansir dari Bisnow, hal pertama yang akan dilakukan klien sebelum mendengar presentasi bisnis Anda adalah mengidentifikasi desain interior dalam ruang kantor Anda. Klien akan lebih senang ketika Anda memiliki desain interior yang simpel namun tertata dengan rapi.

Jadi, buatlah ruang meeting senyaman mungkin dengan desain sesimpel mungkin. Jauhkan ruang meeting Anda dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Ambillah beberapa produk niche yang tepat untuk area ini, dan jangan lupa warna yang senada.

  • DIY

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan proyek DIY. Hal ini akan membantu Anda menghemat uang lebih banyak. Aplikasikan proyek ini kepada seluruh karyawanmu. Mungkin kamu bisa membuat kompetisi DIY kepada karyawanmu. Bagi mereka yang mampu membuat sebuah peralatan yang simpel namun berguna, kamu bisa menghadiahinya dengan hampers atau hadiah lainnya.

Namun, jika Anda terlalu sibuk untuk melakukan DIY, Anda bisa meminta tolong kepada karyawanmu untuk mengumpulkan rak-rak buku atau lemari yang sudah tak usang namun masih layak digunakan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengampelasnya, mengoleskan cat baru, dan voilaa… barang tersebut bisa digunakan kembali!

  • Gunakan Warna Aksen yang Cerah

Warna cerah terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan kepribadian para karyawan. Untuk itu, berilah beberapa warna aksen cerah pada ruang kantor Anda, misalnya saja dinding atau perabot kantor.

Ini terutama berlaku jika kantor Anda bergerak di bidang creative, seperti agency iklan, graphic design agency, digital marketing, perusahaan startup, dan teknologi.

Jika Anda tidak ingin merogoh kocek yang dalam untuk menggambar dinding kantor, Anda dapat meminta bantuan seorang karyawan yang memiliki bakat dalam menggambar atau mural. Namun, bila tidak ada yang mampu untuk melakukan itu Anda bisa memilih warna cerah untuk beberapa perabotan warna kantor.

Hal ini tak hanya menambah kreativitas para karyawan, tapi juga membuka peluang bagi perusahaan untuk memamerkan ruangan kantor kepada calon klien yang akan berbisnis dengan Anda.

Nah, itulah keempat tips agar ruangan kantor terasa lebih produktif namun tetap on budget. Perlu diperhatikan bahwa segala tips ini tidak akan berhasil jika sebagai seorang pemimpin Anda tak dapat membawa suasana kerja yang cukup baik.

Kira-kira, adakah dari Anda yang memiliki tips lain untuk mengubah dekorasi kantor Anda lebih menarik?

Untuk pertanyaan kritik, saran, maupun masukan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa subscribe dan share artikel maupun video di ” official channel youtube blogger muntilan ”

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!