Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot

Assalamu’alaikum.wr.wb

cara mengatasi tidak bisa mengambil screenshot di android
cara mengatasi tidak bisa mengambil screenshot di android

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot – Selamat pagi sobat Onwap Blog’s, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi seputar tips, trik dan tutorial tentang Masalah Umum yang sering dialami oleh Smartphone Android. Tutorial ini saya dapatkan setelah kemarin dimintai salah seorang teman yang mengeluhkan HH nya tidak bisa mengambil Tangkapan Layar ( Screenshot ) kemudian coba saya utak atik ternyata cukup mudah untuk mengatasinya.

Penyebab tidak bisa mengambil screenshot di android ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  1. Memory Hp/MMC Penuh
  2. Space Ram HP penuh
  3. Terlalu banyak file sampah ( Chache )
  4. Folder Screenshot tidak sengaja terhapus
  5. HP Crash
  6. Tombol untuk mengambil screenshot rusak ( Volume + Power )

Okay, sudah tahu penyebabnya kan? Tentunya bagi kalian yang awam tentang seluk beluk smartphone bingung bahkan berpikiran bahwa hp androidnya rusak kan? Namun tenang saja, kalian masuk ke situs yang tepat karena InsyaAllah dapat memecahkan masalah yang dialami oleh HH milik kalian.

Untuk masalah umum seputar fitur atau aplikasi yang tidak berjalan semestinya, biasanya kerusakan terjadi pada Software bukan Hardware, jadi jika masih bisa menyala dan hanya tidak berjalan semestinya kita bisa mengeceknya sendiri terlebih dahulu kemudian mengambil tindakan sepele seperti :

  1. Membersihkan File Sampah ( Chache )
  2. Menutup beberapa aplikasi yang masih berjalan
  3. Restart Smartphone

Periksa juga terlebih dahulu beberapa tombol pendukung, apakah masih berfungsi normal atau tidak. Jika normal namun tidak bekerja semestinya, bisa disimpulkan 70% software HH kalian lah yang bermasalah. Sudah jelas sampai disini cara mendiagnosa kerusakan smartphone android? Jangan buru-buru dibawa ke tukang reparasi selama kita masih bisa mencari cara mengatasinya, namun jika takut mencobanya saran saya cari teman yang cukup paham tentang masalah HP, jika tidak punya ya terpaksa ke tukang service handphone. Namun apa salahnya dicoba kan?

Untuk mengatasi di menu atau aplikasi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tidak akan beresiko pada Bootloop namun lebih kepada kehilangan data, untuk itulah sebelum mencoba tutorial ini silahkan backup data penting terlebih dahulu. Tutorialnya bisa kalian simak di Cara Mudah Backup Dan Restore Data Aplikasi Di Smartphone Android (Titanium Backup). Namun jika memakai cara tersebut, HH kalian harus di Root terlebih dahulu, silahkan pertimbangkan terlebih dahulu dengan membaca Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Android Yang Sudah Di ROOT. Lain kali akan saya share cara backup data dan aplikasi android tanpa harus di Root.

Okay, saya anggap kalian sudah tahu dan membaca beberapa point yang sudah saya jelaskan diatas ya? Langsung ke step by step cara mengatasi smartphone android tidak bisa mengambil screenshot :

  • Cara Pertama
    Masuk ke Setting -> Aplikasi -> Hapus Chache dari beberapa aplikasi yang sering digunakan ( Hapus Chache bukan Data Ya! )
  • Cara Kedua
    Jika masih belum bisa, masuk ke Setting -> Aplikasi -> Force Close bebeapa aplikasi yang sering digunakan dan cukup memakan Ram dan Memory ( BBM, Whatsapp, Facebook, Instagram dll )
    Fungsinya adalah untuk memberikan cukup ruang, karena setelah kita membuka sebuah aplikasi, itu tidak menutup app nya setelah keluar, harus melalui settingan aplikasi untuk menutupnya
  • Cara Ketiga
    Masuk ke Setting -> Memory -> Klik ” Hapus Chache
    Fungsinya adalah untuk membersihkan file-file sampah di kartu memory dan memory telephon HH kalian
  • Cara Kelima
    Hapus semua file di dalam folder .thumbnail, namun sebelumnya setting file manager kalian dengan ” Tampilkan Folder Tersembunyi “. Jika masih bingung silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Paling Mudah Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi
    Lokasi file nya adalah :
    Sd Card/DCIM/.thumbnail/lokasi file gambar sampah
    Memory telephon/DCIM/.thumbnail/lokasi file gambar sampah
    biar lebih mudah hapus saja folder .thumbnail
  • Cara Kelima
    Cek di melalui File Manager folder ” Screenshot ” ada atau tidak, jika tidak buatlah, lokasi foldernya biasanya di SD Card. Namun beberapa jenis hp terletak di memory internal, berikut adalah lokasinya
    SD Card/DCIM/Screenshot
    Memory Telephon/DCIM/Screenshot
  • Cara Keenam
    Jika cara pertama – kelima belum juga bisa mengambil screenshot, silahkan kalian Restart HH kalian
  • Cara Ketujuh
    Gunakan aplikasi screenshot, bisa kalian cari dan unduh di PLAYSTORE
  • Cara Kedelapan
    Apabila masih belum bisa, terpaksa harus di Hard Reset ( Mengembalikan ke Settingan Pabrik ). Caranya dapat kalian baca di Kumpulan Cara Masuk Recovery Mode Semua Merk Android dan Cara Mudah Hard Reset atau Factory Reset Lenovo a369i
    Caranya hampir sama semua jenis hp android
    Hard Reset akan menghapus semua aplikasi dan file yang ada di memory telephon, jadi HH kalian isinya akan sama seperti pertama kali membeli hp tersebut
    Walaupun Tidak Menghapus File di MMC, saran saya cabut kartu memory sebelum melakukan Hard Reset

Menurut pengalaman saya sendiri, cara 1-6 sudah dapat mengatasi tidak bisa screenshot di hp android. Jika sampai hard reset, berarti kerusakan di HH kalian lumayan parah, biasanya karena virus. Untuk mengatasinya dapat membacanya di artikel Cara Mengatasi Virus Iklan Aplikasi Android. Masalah umum HP android seperti ini biasanya dialami oleh HP android model lawas dan ram dibawah 512mb kebawah. Saya sendiri jarang menemukannya di Smartphone Android yang memiliki RAM diatas 1GB. Selain itu selalu jaga penyimpanan telephon tersisa minimal 40% dari total kapasitas, karena biasanya ini penyebab utamanya. Simpan file-file besar di MMC agar memory internal memiliki cukup ruang.

Bagaimana? Cukup mudah bukan mengatasi HP Android Yang Tidak Bisa Mengambil Screenshot? Saya rasa mudah dipahami apa yang sudah saya jelaskan karena cukup lengkap. Saya hanya membantu mengatasi masalah umum di hp android yang biasa dialami, saya tidak bertanggungjawab atas segala bentuk kerusakan maupun kehilangan data. D.W.Y.O.R ( Do With Your Own Risk ).

Baca juga tips, trik dan tutorial android lainnya dibawah ini :

Demikian yang dapat saya tulis tentang Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot.

Semoga bermanfaat dan mampu mengatasi masalah yang dialami oleh HH kalian. Pertanyaan, Kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ya?

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Facebook Comments
gantengmax

Author: Imam Suhadi

Seorang Penulis sekaligus Blogger yang berasal dari Muntilan - Magelang. dengan motto " Sharing For Learning! "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Mau Copas? Hohohohoho.... Tidak Semudah Itu FERGUSO...!!!